Ilmuwan Peringatkan Keruntuhan Ekosistem di Hutan Hujan Amazon

Kompas.com - 17/02/2024, 16:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Menurut penelitian terbaru, Hutan Hujan Amazon menghadapi serangkaian ancaman yang mungkin akan menyebabkan keruntuhan ekosistem skala besar pada tahun 2050.

Amazon, yang memiliki lebih dari 10 persen keanekaragaman hayati dunia, membantu menstabilkan iklim global dengan menyimpan emisi karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan global selama sekitar dua dekade.

Namun, penggundulan hutan, kekeringan, kebakaran, dan kenaikan suhu telah mengikis kemampuan hutan Amazon untuk mempertahankan ekosistemnya. Para ilmuwan memperingatkan bahwa hal ini dapat memicu “titik kritis”, yang menempatkan ekosistem penting tersebut ke dalam transisi yang tidak dapat diubah dalam waktu beberapa dekade mendatang.

Dalam studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal Nature, sekelompok ilmuwan internasional memperkirakan bahwa antara 10 dan 47 persen Amazon akan terancam pada tahun 2050 yang dapat menyebabkan perubahan ekosistem secara luas.

Baca juga: Mengapa Tidak Ada Jembatan di Sungai Amazon?

Hal ini dapat menyebabkan ekosistem penting berhenti menyerap atau bahkan melepaskan karbon yang disimpannya, sehingga semakin mendorong pemanasan global dan semakin memperparah dampaknya.

Menurut Bernardo Flores, peneliti dari Universitas Federal Santa Catarina, Florianopolis, Brazil, manusia saat ini sedang mendekati titik kritis yang potensial dalam skala besar, dan mungkin lebih dekat (baik pada skala lokal maupun seluruh sistem) daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Hutan Amazon menjadi sabana berpasir putih

Para peneliti menggunakan informasi dari model komputer, pengamatan, dan bukti perubahan di masa lalu sejak ribuan tahun yang lalu untuk memetakan kompleksitas sistem hutan dan mengidentifikasi penyebab utama ancaman yang dihadapi Hutan Hujan Amazon.

Mereka kemudian menganalisis penyebab-penyebabnya, termasuk pemanasan global, curah hujan tahunan, lamanya musim kemarau, dan penggundulan hutan, untuk melihat bagaimana hal-hal tersebut dapat terjadi secara individu atau bersama-sama sehingga menyebabkan putaran umpan balik (feedback loop) yang dapat memicu keruntuhan besar-besaran.