Kompas.com - 09/09/2023, 07:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Seperti setiap spesies atau ekosistem, hutan juga memiliki "tanggal lahir" yang menjadi tanda permulaan munculnya hutan di Bumi.

Berawal dari ratusan juta tahun yang lalu, berikut adalah awal mula kemunculan hutan di planet kita.

Awal mula hutan di Bumi

Dilansir dari Live Science, meskipun tumbuhan pertama kali muncul di daratan sekitar 470 juta tahun yang lalu, pepohonan dan hutan baru muncul sekitar 390 juta tahun yang lalu.

Menurut Chris Berry, ahli paleobotani di Cardiff University, Inggris, selama periode tersebut, kehidupan tumbuhan secara perlahan mengembangkan prekursor genetik yang diperlukan untuk menghasilkan pohon, yang kemudian mengungguli tumbuhan lain.

Pada tahun 2019, Berry dan rekannya melaporkan temuan hutan tertua yang pernah tercatat di jurnal Current Biology.

Baca juga: El Nino Sebabkan Amazon dan Hutan Tropis di Indonesia Alami Kekeringan

Hutan yang ditemukan di Kairo, Greeny County, New York, Amerika Serikat, ini mengungkapkan bahwa ciri-ciri khas pohon dan hutan, yaitu kayu, akar, dan daun di tengah populasi puluhan tanaman, muncul jauh lebih awal dari perkiraan sebelumnya; pada awal periode Devonian, 385 juta tahun yang lalu.

Situs di Kairo mengawetkan fosil sistem akar pohon-pohon kuno yang menunjukkan dengan tepat tempat pohon-pohon tersebut berada.

Berry mengatakan, para peneliti tidak melihat fosil pohon-pohon tersebut, namun melihat peta tempat pohon-pohon itu berdiri sehingga yang mereka pelajari adalah ekologi hutan.

Peta "fosil" tersebut menampilkan Archaeopteris, tanaman purba yang memiliki akar kayu besar dan cabang kayu dengan daun sebagaimana pohon modern.