Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Hutan Mangrove Sangat Penting bagi Ekologi?

Kompas.com - 19/11/2022, 13:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Mangrove adalah tanaman yang hidup di habitat air payau atau air laut. Fungsi ekologis hutan mangrove sangat penting bagi ekosistem pesisir pantai.

Seperti dilansir dari The Nature Conservacy, Sabtu (19/11/2022), peran mangrove sangat penting bagi manusia.

Pentingnya keberadaan hutan mangrove adalah dapat membantu menstabilkan ekosistem dan mencegah erosi atau abrasi air laut di kawasan pesisir pantai.

Fungsi mangrove juga menyediakan perlindungan alami untuk penduduk di daerah pesisir dengan mencegah abrasi dan menyerap dampak gelombang laut saat cuaca ekstrem seperti angin topan menerjang wilayah tersebut.

Hutan mangrove juga memiliki peran penting bagi ekosistem. Sebab, akar mangrove yang lebat dapat membantu mengikat dan membangun kepadatan tanah.

Akar-akar tanaman mangrove di atas tanah juga berfungsi memperlambat aliran air laut dan mendorong endapan sedimen yang dapat mengurangi erosi pantai.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Hutan Mangrove?

Fungsi penting hutan mangrove bersihkan polutan

Fungsi hutan mangrove bagi ekologi dan lingkungan begitu penting, terutama morfologi tanaman bakau yang kompleks, pada akarnya yang bisa menyaring nitrat, fosfat dan polutan lain dari air, sehingga meningkatkan kualitas air yang mengalir dari sungai ke muara dan lingkungan laut.

Hutan bakau juga dapat menangkap sejumlah besar emisi karbon dioksida dan gas rumah kaca lain dari atmosfer.

Emisi tersebut akan ditangkap tanaman bakau dan menyimpan karbo di dalam tanah selama ribuan tahun.

Fungsi ekologis hutan mangrove tersebut sangat penting bagi ekosistem dalam menghadapi perubahan iklim yang kian mengancam keberlangsungan seluruh makhluk di planet ini.

Karbon yang terkubur di dalam tanah tersebut dikenal sebagai "karbon biru", karena disimpan di bawah air di ekosistem pantai seperti di kawasan hutan mangrove, padang lamun dan rawa asin.

Baca juga: Fungsi Ekologis Hutan Mangrove dan Pentingnya Rehabilitasi Kawasan Ini

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com