Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Sebut Perubahan Iklim Bikin Hutan Jadi Lebih Rapuh

Kompas.com - 15/07/2022, 10:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai studi telah mengungkap bahwa perubahan iklim berdampak pada lingkungan di planet ini.

Terbaru, peneliti menunjukkan perubahan iklim ternyata berpengaruh pada penurunan kemampuan hutan dunia untuk pulih kembali setelah mengalami peristiwa seperti kekeringan dan pembalakan liar.

Hasil tersebut didapat setelah peneliti melakukan analisis data satelit selama dua dekade.

Seperti dikutip dari New Scientist, Kamis (14/7/2022) Giovanni Forzieri dari University of Florence, Italia bersama timnya menjalankan algoritma pembelajaran mesin pada data satelit vegetasi global dari tahun 2000 hingga 2020 untuk menghitung metrik ketahanan.

Baca juga: Kapan Hutan Pertama Muncul di Bumi? Sains Jelaskan

Ketahanan didefinisikan sebagai bagaimana kemampuan hutan untuk menghindari perubahan keadaan seperti sabana dan menahan gangguan, misalnya hama serangga.

Penggunaan model pembelajaran mesin ini sendiri dipakai untuk memperkirakan seberapa banyak faktor lingkungan berbeda seperti suhu dan ketersediaan air, mengubah ketahanan hutan.

Selain itu juga seberapa besar variasi iklim rata-rata memiliki efek negetif terbesar pada ketahanan hutan.

Peneliti menemukan, bahwa lebih dari separuh hutan di daerah gersang, tropis, dan beriklim sedang--tempat di mana sebagian besar pohon dunia ditemukan, menunjukkan penurunan ketahanan yang signifikan selama dua dekade.

Sebaliknya hutan boreal (hutan yang terdapat di sekitar kutub) yang mengelilingi garis lintang utara dunia mengalami peningkatan ketahanan.

Forzieri mengatakan perbedaan itu tampaknya disebabkan oleh perubahan iklim yang menyebabkan peristiwa panas yang lebih ekstrem dan kekurangan air di tiga wilayah iklim pertama.

Sementara beberapa dari dampak negatif tersebut juga dirasakan di hutan boreal, dampak tersebut tidak sebanding dengan efek pertumbuhan dari tingkat karbon dioksida yang lebih tinggi di sana.

Dan secara keseluruhan gambaran global adalah salah satu dari penurunan ketahanan hutan, yang menurut tim adalah hal yang mengkhawatirkan.

Baca juga: Perubahan Iklim Tingkatkan Kemungkinan Kebakaran Hutan Secara Global

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com