Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Lukisan Pizza Kuno yang Ditemukan di Pompeii?

Kompas.com - 01/07/2023, 11:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah lukisan dinding berusia 2.000 tahun telah digali di antara reruntuhan kota kuno Pompeii.

Menariknya, lukisan itu menggambarkan beragam makanan dan minuman yang menawarkan cita rasa Romawi yang menggiurkan, mulai dari minuman anggur serta termasuk makanan yang menyerupai pizza di zaman modern.

Dikutip dari Live Science, Kamis (29/6/2023) lukisan dinding itu ditemukan selama penggalian baru-baru ini di Regio IX, bagian dari kota kuno yang berisi campuran rumah tinggal dan bangunan komersial, seperti binatu dan toko besi.

Lukisan tentang pizza kuno

Pompeii Archaeological Park menjelaskan bahwa karya seni tersebut terdiri dari lukisan benda mati yang menggambarkan piring perak, piala anggur, karangan bunga beri kuning dan sederetan buah-buahan seperti kurma dan delima.

Sementara hidangan yang tergambar tampak seperti roti pipih bernama focaccia yang dilapisi topping seperti pizza yang biasa dimakan di Pompeii sebelum kota hancur dalam letusan Gunung Vesuvius pada tahun 79 M.

Baca juga: Seperti Apa Karya Seni yang Dibuat Manusia Purba Neanderthal?

Namun, dalam lukisan itu tidak dapat dianggap sebagai pizza sejati seperti sekarang ini karena tanpa tomat. Tomat, sebagai informasi hanya dibawa ke Eropa setelah penjajahan Amerika pada akhir abad ke-15 Masehi.

Selain itu juga, pizza yang kita kenal sekarang baru dipanggang di Italia pada tahun 1880-an.

Lukisan itu juga menggambarkan moretum, olesan lezat yang dimakan oleh orang Romawi yang mirip dengan pesto modern.

Lebih lanjut, jenis lukisan tersebut dikenal sebagai xenia. Menempatkan lukisan di atrium rumah dapat mencerminkan keinginan pemilik rumah untuk memperlakukan tamu dengan baik.

yang diilhami oleh hadiah yang ditawarkan kepada para tamu pada periode Helenistik Yunani kuno (abad ke-3 hingga ke-1 SM).

Karya seni yang sederhana ini tidak hanya mencerminkan kontras yang menarik, melainkan juga menunjukkan pengaruh periode Helenistik Yunani kuno (abad ke-3 hingga ke-1 SM) yang jelas pada orang Romawi.

Selain itu, lukisan pizza kuno tersebut menyoroti bagaimana makanan mereka menjadi kekuatan pemersatu antara yang kaya dan miskin.

Baca juga: Seperti Apa Kota Maya Kuno yang Lama Hilang di Hutan Meksiko?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com