Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Jalani Operasi Hernia, Kondisi Apa Itu?

Kompas.com - 09/06/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Paus Fransiskus telah menjalani operasi hernia selama tiga jam pada Rabu (7/6/2023) di Rumah Sakit Gemelli, Roma.

Diberitakan oleh Vatican News, Rabu (6/7/2023), sebelumnya, The Holy See Press Office menyatakan bahwa Paus Fransiskus akan menjalani operasi laparotomi dan dinding perut dengan anestesi umum.

Dalam pernyataan itu, dijelaskan bahwa operasi tersebut perlu dilakukan karena Paus Fransiskus menderita hernia yang menyebabkan sindrom sub-oklusif berulang, yang menyakitkan dan memburuk.

Apa itu hernia?

Dilansir dari WebMD, hernia terjadi ketika organ atau jaringan lemak menekan melalui titik lemah di sekitar otot atau jaringan ikat yang disebut fasia. 

Baca juga: Apa Itu Sindrom Stiff Person yang Dialami Celine Dion?

Hernia sering terjadi di area dinding perut yang lebih lemah, seperti di perut atau selangkangan, dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. 

Intinya, apa pun yang menyebabkan peningkatan tekanan di perut dapat menyebabkan hernia, termasuk:

  • Mengangkat benda berat tanpa menstabilkan otot perut
  • Diare atau sembelit
  • Batuk atau bersin yang terus-menerus

Selain itu, obesitas, gizi buruk, dan merokok juga dapat melemahkan otot sehingga membuat hernia lebih mungkin terjadi.

Jenis-jenis hernia

Ada beberapa jenis hernia. Mengutip Healthline, berikut adalah penjelasan jenis-jenis hernia.

Baca juga: Marshanda Idap Inflamasi Kronis, Kondisi Apa Itu?

1. Hernia inguinalis

Hernia inguinalis adalah jenis hernia yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika usus mendorong melalui titik lemah atau robekan di dinding perut bagian bawah, yang seringkali di saluran inguinalis.

2. Hernia hiatal

Hernia hiatal terjadi ketika bagian perut menonjol melalui diafragma ke dalam rongga dada. Jenis hernia ini paling sering terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun. 

3. Hernia umbilikalis

Hernia umbilikalis dapat menyerang anak-anak dan bayi. Kondisi ini terjadi ketika usus menonjol melalui dinding perut di dekat pusar. 

Hernia umbilikalis adalah satu-satunya jenis hernia yang sering hilang dengan sendirinya saat otot dinding perut menjadi lebih kuat.

Baca juga: Apa Itu Rabies yang Sebabkan Bocah 4 Tahun di Sikka Meninggal?

4. Hernia insisional

Hernia insisional adalah jenis hernia yang diidap Paus Fransiskus. Pasien yang menjalani operasi di mana dokter membuat lubang melalui perut, mungkin akan mengalami hernia insisional nantinya. 

Jaringan dapat menembus kulit yang melemah akibat bekas luka yang tertinggal setelah operasi. Jenis hernia ini pun dapat menyebabkan masalah yang lebih serius jika tidak diatasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com