Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Stem Cell yang Dikenal Juga sebagai Sel Punca?

Kompas.com - 01/05/2023, 13:40 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Stem cell atau dikenal juga dengan nama sel punca adalah bentuk teknologi terapi baru di bidang kesehatan.

Belakangan, stem cell disebut-sebut memiliki manfaat yang sangat besar bagi pemulihan kesehatan seseorang, terutama yang memiliki riwayat penyakit-penyakit kronis.

Lantas, apa itu stem cell atau sel punca?

Stem cell adalah sel yang tidak berdiferensiasi yang dapat berubah menjadi sel tertentu, sesuai kebutuhan tubuh, dikutip dari Medical News Today, Senin (1/5/2023).

Sel dalam tubuh memiliki tujuan tertentu. Akan tetapi sel punca merupakan sel yang belum memiliki peran khusus dan karenanya ia dapat menjadi hampir semua jenis sel yang diperlukan oleh tubuh.

Penelitian sel punca atau stem cell masih terus dilakukan. Para ilmuwan dan dokter tertarik pada sel induk ini karena fungsi mereka yang dapat membantu menjelaskan bagaimana beberapa fungsi tubuh bekerja.

Baca juga: Apa Itu Antioksidan yang Diperlukan oleh Tubuh?

Dalam perkembangan dunia medis seperti saat ini, sel punca atau stem cell diyakini telah menjanjikan bagi terapi pengobatan beberapa jenis penyakit yang saat ini belum ada obatnya.

Apa keunikan sel punca atau stem cell ini?

Dilansir dari WebMD, sel induk dapat berkembang biak atau mereplikasi diri menjadi lebih banyak.

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa sel tersebut dapat berubah sesuai kebutuhan tubuh. Stem cell dapat membentuk darah, otak, otot, tulang dan lainnya.

Keunikan sel punca terus menarik perhatian para ilmuwan. Para peneliti pun saat ini sedang mempelajarinya untuk mengetahui apakah blok bangunan dasar dari kehidupan sel tersebut dapat membantu melahirkan bentuk perawatan medis baru.

Pada penelitian di masa lalu, para ilmuwan meyakini bahwa sel punca dewasa hanya dapat berubah berdasarkan jaringan asalnya.

Namun, seiring dengan berkembangnya studi, beberapa bukti saat ini telah menunjukkan bahwa stem cell tersebut juga dapat berdirensiasi menjadi tipe sel lain.

Baca juga: Apa Itu Adenovirus, Virus yang Menyerang Anak di India?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com