Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Adenovirus, Virus yang Menyerang Anak di India?

Kompas.com - 03/03/2023, 17:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Adenovirus, virus penyebab penyakit umum pada manusia dilaporkan menyerang anak-anak di India.

Virus ini adalah jenis patogen yang umum yang biasanya menyebabkan penyakit seperti pilek atau flu ringan, dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

Namun, dilansir dari Hindustan Times, Jumat (3/3/2023) sedikitnya 12 anak di Benggala Barat, India dilaporkan meninggal dunia akibat infeksi adenovirus dalam sebulan terakhir.

Sementara itu, sebanyak 5.213 kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA, juga telah dilaporkan, menurut seorang pejabat kesehatan setempat.

Lantas, apa itu adenovirus yang menyebabkan kematian belasan anak di India?

Baca juga: Apa Itu Virus Corona Variant of Concern dan Variant of Interest?

Dikutip dari Live Science, adenovirus adalah keluarga virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia. Umumnya, virus ini menyebabkan flu biasa hingga infeksi saluran cerna, atau mata merah.

Bahkan, adenovirus juga digunakan para ilmuwan untuk dikembangkan menjadi bahan baku vaksin Covid-19, yakni seperti vaksin adenovirus yang diproduksi Johnson & Johnson dan AstraZeneca.

Adenovirus tidak hanya memiliki satu jenis virus, namun sedikitnya ada 88 jenis virus dalam keluarga ini yang diketahui menginfeksi manusia.

Menurut jurnal Scientific Reports yang dipublikasikan tahun 2019, jenis adenovirus ini dikelompokkan menjadi 7 spesies virus berbeda, A hingga G.

Baca juga: Apa Itu Virus Langya yang Ditemukan di China?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com