Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Burung Hantu Memiliki Kaki yang Panjang?

Kompas.com - 26/03/2023, 14:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin tidak menyadari bahwa burung hantu memiliki kaki yang panjang.

Hal ini mungkin karena Anda lebih sering melihat foto hewan ini saat bertengger di batang pohon yang membuat kakinya terkesan pendek.

Baca juga: Spesies Burung Hantu Baru Ditemukan di Afrika, Punya Suara Unik

Mengutip Science ABC, Sabtu (25/3/2023) dibandingkan dengan kebanyakan burung, burung hantu memang memiliki kaki yang panjang. Namun ini hanya berlaku bagi beberapa burung hantu saja dan tentunya ada alasan serta fungsi khusus untuk itu.

1. Untuk berburu mangsa

Burung hantu memburu mangsanya diam dan gesit. Burung hantu mendaratkan kaki terlebih dahulu, dari atas, memberikan pukulan fatal ke sasarannya menggunakan cakar tajam.

Dan untuk memberi sudut serangan yang bagus, mereka harus memiliki kaki yang panjang dan ramping.

Selain itu, kaki mereka yang panjang dan cakar tajam di ujungnya memungkinkan mereka untuk menjaga jarak organ paling sensitif yaitu mata mereka.

Meski terlihat ramping tapi jangan terkecoh, sebab kaki burung hantu cukup kuat untuk memberikan tekan hingga 30 pon dari cakar ke mangsanya.

Mereka juga dapat membawa beban berkali-kali lipat dari berat badan mereka sendiri.

2. Membantu terbang

Kaki panjang mereka ternyata juga berguna untuk membantu dalam penerbangan mereka.

Seperti banyak burung lainnya, burung hantu memiliki kaki yang panjang untuk memusatkan bobot tubuhnya. Otot paha mereka kompak dan dekat dengan tubuh, dan tulang mereka kurus, panjang dan tipis untuk pemerataan bobot.

Baca juga: Burung Hantu pada 6 Juta Tahun yang Lalu Aktif di Siang Hari

3. Bantu bertahan di cuaca yang dingin

Banyak burung hantu hidup di ikli dingin contohnya saja burung hantu bersalju dan burung hantu abu-abu besar. Salah satu ciri yang memungkinkan mereka hidup di lingkungan tersebut adalah memiliki kaki yang panjang dan kurus.

Otot paha kaki dekat dengan tubuhdan bagian bawah kaki mereka bertulang dengan tendon. Ini memungkinkan mereka bertengger di pohon selama berjam-jam dalam cuaca dingin tanpa harus khawatir akan radang dingin.

4. Menciptakan ilusi

Kaki burung hantu berbeda dengan kaki kita. Jika melihat anatominya, pergelangan kaki mereka cukup tinggi. Sendi yang menghadap ke belakang sebenaranya adalah pergelangan kaki mereka.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa burung tidak memiliki lutut. Mereka memilikinya tetapi jauh lebih tinggi letaknnya dan sering ditutupi oleh bulu mereka. Paha burung juga jauh lebih pendek dan padat.

Dengan strukur kaki tersebut akan membuat kaki burung hantu menjadi lebih panjang.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Bagaimana Burung Hantu Memutar Kepala 270 Derajat?

Burung hantu penampakannya memang menonjol dari kebanyakan burung lain. Bukan hanya soal kakinya tetapi juga mata burung hantu tidak seperti kebanyakan burung lainnya.

Mata burung hantu menghadap ke depan, memberi mereka penampilan seperti manusia.

Tak heran ada begitu banyak legenda tentang mereka dan mengapa begitu banyak budaya yang memujanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com