Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Sehat Mana Mandi Air Hangat atau Dingin?

Kompas.com - 27/02/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Memulihkan rasa lelah setelah seharian bekerja, atau setelah melakukan olahraga berat, mandi air hangat selalu menjadi pilihan untuk menyegarkan tubuh.

Namun, mandi dengan air dingin juga biasanya dilakukan untuk lebih menyegarkan tubuh di pagi hari. Bahkan, terkadang terpikirkan setelah olahraga sebaiknya mandi air hangat atau dingin.

Kendati demikian, baik mandi air hangat maupun air dingin, keduanya sama-sama memiliki manfaat kesehatan. Di saat flu mandi air hangat juga sering disarankan.

Sebelum memahami mana yang lebih sehat, mandi air hangat atau air dingin, berikut ini beberapa manfaat air hangat dan air dingin, seperti dikutip dari WebMD, Senin (27/2/2023).

Manfaat mandi air hangat

Setelah seharian bekerja, melewati waktu yang sibuk selama di kantor, seringkali terbayang melepaskan penat tersebut dengan berendam di bak berisi air hangat. Para orangtua yang memiliki bayi juga lebih sering memandikan anaknya dengan air hangat.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Minum Air Mineral atau Rebusan?

Ternyata, mandi air hangat tak hanya dapat menyegarkan tubuh, tetapi juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, seperti berikut.

  1. Air hangat membakar kalori
  2. Menjaga kulit tetap sehat dan bersih
  3. Mandi air hangat bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Manfaat mandi air hangat di malam hari sebelum tidur, dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres. Kendati demikian, sebaiknya berhati-hati untuk tidak berendam di bak air hangat terlalu lama.

Manfaat mandi air dingin

Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, mandi air dingin sudah menjadi rutinitas harian. Namun, bukan berarti mandi air dingin tak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Gula Aren atau Gula Merah?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com