Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Dark chocolate atau cokelat hitam adalah makanan yang sangat sehat yang dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari Everyday Health, studi ilmiah telah menunjukkan bahwa dark chocolate kaya akan antioksidan dan dikemas dengan berbagai nutrisi lainnya.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 di Journal of Nutritional Science, dark chocolate mengandung fitonutrien yang disebut flavonoid, yakni bahan kimia tanaman yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat membantu mencegah kanker dan menyehatkan jantung.

Benarkah dark chocolate bisa menurunkan berat badan?

Selain mencegah penyakit kronis, kandungan dalam dark chocolate juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Baca juga: Benarkah Makanan Harus Dikunyah 32 Kali?

Mengutip Healthline, studi menunjukkan bahwa dark chocolate dapat mengurangi keinginan ngemil dan meningkatkan perasaan kenyang sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam satu penelitian terhadap 12 wanita, mencium aroma dan makan dark chocolate dapat menurunkan nafsu makan dengan menurunkan kadar ghrelin, yakni hormon yang merangsang rasa lapar.

Studi kecil lainnya terhadap 16 orang membandingkan efek milk chocolate dengan dark chocolate. Hasilnya, peserta penelitian merasa tidak terlalu lapar dan lebih kenyang setelah makan dark chocolate.

Selain itu, peserta yang makan dark chocolate juga mengonsumsi kalori 17 persen lebih sedikit pada waktu makan, dibandingkan dengan peserta yang mengonsumsi milk chocolate.

Baca juga: Benarkah Minum Air Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan?

Kemudian, sebuah penelitian terhadap 14 wanita pascamenopause menunjukkan bahwa mengonsumsi dark chocolate dapat mengurangi asupan makanan yang lebih signifikan, dibandingkan dengan mengonsumsi white chocolate.

Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi bagaimana dark chocolate dapat memengaruhi nafsu makan dan asupan makanan.

Dark chocolate tinggi lemak dan kalori 

Perlu diingat bahwa dark chocolate relatif tinggi lemak dan kalori. Dark chocolate sebanyak 28 gram mengandung 155 kalori dan hampir 9 gram lemak.

Beberapa jenis dark chocolate juga mengandung gula tambahan dalam jumlah yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu, meski dark chocolate mungkin cocok untuk menurunkan berat badan, penting memilih produk yang berkualitas dan tidak mengonsumsinya berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com