Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Tahun di Planet Ini Hanya Berlangsung 17,5 Jam, Planet Apa Itu?

Kompas.com - 10/12/2022, 17:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Planet di luar Tata Surya alias exoplanet ini bisa dibilang menarik jika dibandingkan dengan yang lainnya. Sebab, waktu satu tahun di planet tersebut hanya berlangsung 17,5 jam. 

Exoplanet itu bernama 55 Cancri e, dikenal sebagai planet neraka. Planet ini terletak 40 tahun cahaya dari Bumi dan sangat panas sampai-sampai terdapat pula samudra lava cair yang panasnya mencapai 1.982 derajat Celsius.

Keunikannya bukan hanya itu. Planet yang sebenarnya secara resmi bernama Janssen ini mengorbit bintang induknya, Copernicus yang begitu dekat, sehingga mampu menyelesaikan satu orbit dalam waktu kurang dari satu hari Bumi.

Jika dihitung-hitung, satu tahun untuk planet ini hanya berlangsung sekitar 17,5 jam di Bumi.

Baca juga: Ini Gambar Planet Mars yang Pertama Kali Ditangkap Teleskop James Webb

Orbit planet di luar Tata Surya ini yang begitu cepat, sehingga satu tahun hanya berlangsung 17,5 jam, juga menjadi penyebab mengapa exoplanet Janssen memiliki suhu yang sangat panas.

Namun para astronom juga sekaligus dibuat bertanya-tanya apakah planet memang selalu begitu dekat dengan bintangnya.

Untuk mengetahuinya, peneliti menggunakan alat baru yang dikenal sebagai EXtreme PREcision Spectrometer (EXPRES) untuk menentukan sifat yang tepat dari orbit planet.

Temuan ini juga dapat membantu para astronom mendapatkan wawasan baru tentang pembentukan planet dan bagaimana benda langit ini mengembangkan orbitnya.

Dikutip dari CNN, Jumat (9/12/2022) EXPRES memiliki kemampuan untuk mengukur pergeseran kecil dalam cahaya bintang dari Copernicus saat planet Janssen bergerak antara Bumi dan bintang, seperti saat Bulan menghalangi Matahari saat gerhana Matahari.

Baca juga: Planet di Luar Tata Surya Ini Berpotensi Punya Lautan, Seperti Apa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com