Kompas.com - 09/11/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Sebelum kehidupan di Bumi mengalami ledakan keanekaragaman sekitar 540 juta tahun yang lalu, sudah ada hewan primitif pertama yang mulai mengembangkan kerangka.

Hewan itu adalah spons laut yang tampak licin dan berbentuk tabung dan tersusun oleh benang mineral yang keras.

Spons laut itu lah yang kemudian dianggap sebagai salah satu kumpulan hewan yang memiliki kerangka paling awal.

Baca juga: Udang dan Cacing Jadi Hewan Pertama yang Pulih Usai Kepunahan Massal 252 Juta Tahun Lalu

Sebelumnya, peneliti mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi makhluk dengan kerangka pertama ini. Pasalnya, hanya sedikit kerangka awal yang ada dalam catatan fosil, sehingga bagian lunaknya hilang.

Akibatnya, sulit untuk mengatakan seperti apa makhluk dengan kerangka itu termasuk untuk mengklasifikasikannya.

Hingga akhirnya, fosil yang ditemukan di China berhasil memberikan pandangan kepada para arkeolog mengenai bentuk kehidupan awal yang hidup sekitar 514 juta tahun yang lalu itu.

Mengutip Science Alert, Rabu (9/11/2022) fosil itu disebut mirip dengan cacing dari spesies Gangtoucunia aspera yang dekat hubungannya dengan polip cnidaria, seperti ubur-ubur, anemon laut, dan karang.

Mulut organisme berbentuk tabung ini dikelilingi oleh tentakel dengan panjang sekitar 5 milimeter, yang mungkin digunakan untuk menangkap mangsa.

Sementara itu, tubuh mereka sebagian besar terdiri dari usus dan dibagi menjadi rongga longitudinal.

Bentuk mahluk ini secara eksternal dibentuk oleh mineral keras yang dikenal sebagai kalsium fosfat, yang juga ditemukan dalam tulang manusia.