Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 28/10/2022, 15:41 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Tanpa adanya tulang dan otot, manusia tidak akan bisa bergerak. Sebab, meski otot adalah alat gerak aktif, tulang atau rangka adalah alat gerak pasif,

Tulang sebagai rangka manusia adalah komponen yang sangat penting. Sebagai rangka endoskeleton atau rangka yang terdapat di dalam tubuh, tulang berfungsi untuk menyangga tubuh sekaligus melindungi organ-organ vital manusia.

Tulang dapat dibedakan berdasarkan bentuknya dan zat penyusunnya. Dilansir dari buku Sistem Gerak dan Sirkulasi, berikut adalah macam-macam tulang berdasarkan bentuknya.

1. Tulang pipa

Pertama adalah tulang pipa yang berbentuk silindris dan berlubang di bagian tengah. Terdapat tiga bagian dalam tulang pipa, yakni epifisis (kedua ujung), diafisis (bagian tengah), dan cakra epifisis (di antara epifisis dan diafisis).

Baca juga: Osteoporosis, Penyakit Tulang yang Bisa Buat Tulang Patah Tiba-Tiba

Fungsi tulang yang berisi sumsum merah dan kuning ini adalah tempat pembentukan sel darah merah.

Tulang pipa di tubuh manusia adalah tulang paha, tulang lengan atas, tulang kering, tulang betis, ruas-ruas jari tangan, ruas-ruas jari kaki, tulang hasta, dan tulang pengumpil.

2. Tulang pipih

Seperti namanya, tulang pipih berbentuk pipih dan tipis. Tulang pipih berisi sumsum merah dan berfungsi untuk melindungi bagian tubuh di bawahnya.

Tulang yang termasuk jenis tulang pipih adalah tulang kepala atau tengkorak, tulang rusuk, tulang dada, dan tulang belikat.

3. Tulang pendek

Tulang pendek memiliki bentuk yang bulat dan pendek. Sama seperti tulang pipih, tulang pendek juga berisi sumsum merah. Fungsi tulang pendek adalah pembentukan sel darah merah dan sel darah putih.

Baca juga: Dinosaurus Punya Tumor dan Tulang Ekor Patah, Tapi Bisa Bertahan, Kok Bisa?

Contoh-contoh tulang pendek adalah ruas-ruas tulang belakang, tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan kaki.

4. Tulang tak beraturan

Sesuai dengan namanya, tulang tak beraturan memiliki bentuk yang kompleks. Adapun tulang yang termasuk tulang tak beraturan adalah tulang rahang, tulang kepala, dan ruas-ruas tulang belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com