Kompas.com - 03/09/2021, 16:30 WIB
Dampak penemuan listrik freepikDampak penemuan listrik

KOMPAS.com - Penemuan listrik pada akhir tahun 1800-an membawa perubahan besar pada kehidupan manusia. Perkembangan listrik dengan berbagai peralatan yang memudahkan kehidupan manusia berkembang pesat di era 1900-an.

Pembangkit tenaga listrik air

Pada tahun 1995, pembangkit listrik terbesar pertama dibuka di Air Terjun Niagara. Pembangkit ini menggunakan teknologi yang ditemukan oleh Nikola Tesla.

Awalnya, listrik yang dihasilkan hanya digunakan secara lokal untuk produksi aluminium. Akhirnya, sebagian mulai dialirkan untuk membuat lampu jalan di kawasan sekitar. Inilah yang menjadi awal mula pengaliran listrik jarak jauh yang banyak digunakan sekarang.

Perubahan di tempat kerja

Listrik memicu munculnya berbagai alat elektronik. Alat-alat tersebut mampu membantu pekerjaan manusia dengan lebih efisien dibandingkan mesin tenaga uap. Mesin tenaga uap yang sebelumnya ada biasanya berukuran sangat besar dan tidak praktis.

Menggunakan listrik juga membuat jam kerja bisa lebih panjang. Sebelumnya, orang yang bekerja harus sudah selesai sebelum matahari terbenam. Sehingga mereka bisa memproduksi lebih banyak barang.

Itu merupakan contoh perbedaan kegiatan masyarakat sebelum dan sesudah ditemukannya listrik.

Baca juga: Sejarah Penemuan Listrik, Ditemukan Pertama Kali Secara Tidak Sengaja

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan di rumah

Banyak sekali dampak listrik di rumah. Berikut beberapa manfaat listrik di rumah.

  • Penerangan
  • Peralatan memasak
  • Alat membersihkan rumah, seperti vacuum cleaner, mesin cuci, setrika listrik
  • Menyimpan makanan bisa lebih tahan lama karena di simpan di kulkas

Pencahayaan

Berkat ditemukannya listrik, orang tidak perlu lagi bergantung pada lilin atau lampu minyak. Walaupun sudah malam, orang tetap bisa banyak beraktivitas karena mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Meningkatkan komunikasi

Peningkatan komunikasi yang terjadi adalah radio listrik, telegraf, dan televisi.

Listrik memang banyak manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Namun, bukan berarti kita bisa menggunakannya seenaknya. Gunakanlah energi listrik dengan bijak sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.