Kompas.com - 28/10/2021, 09:01 WIB
Ilustrasi Dicynodont, hewan yang diketahui paling awal memiliki gading
Marlene Hill DonnellyIlustrasi Dicynodont, hewan yang diketahui paling awal memiliki gading

KOMPAS.com - Tak hanya gajah, beberapa hewan lain juga memiliki gading. Sebut saja walrus dan juga hyrax, binatang kecil mirip marmot.

Tapi yang sering tak disadari adalah hewan bergading semuanya merupakan mamalia. Lalu mengapa itu bisa terjadi?

Untuk mengetahuinya, peneliti pun mencoba mencari tahu dengan melacak kerabat mamalia purba pertama yang memiliki gading.

"Gading adalah anatomi yang sangat terkenal, tetapi saya tak tahu mengapa itu hanya dimiliki mamalia saja," kata Megan Whitney, peneliti dari Universitas Harvard dan penulis utama studi ini.

Baca juga: Kenapa Gajah Mempunyai Gading?

Mengutip Phys, Rabu (27/10/2021), hasil studi mengungkap bahwa gading pertama kali berevolusi dari hewan purba bernama dicynodont.

Dicynodont sebagian besar hidup sebelum zaman dinosaurus, sekitar 270 hingga 210 juta tahun yang lalu. Hewan yang lebih mirip reptil dan memiliki paruh seperti kura-kura ini memiliki ukuran tubuh seukuran tikus hingga gajah.

Dan sejak penemuan mereka 176 tahun yang lalu, salah satu ciri khas dicynodont adalah sepasang gading yang menonjol di rahangnya.

Dalam studi baru ini, pertama-tama peneliti perlu mendefinisikan gading terlebih dahulu. Ini penting dilakukan karena gading merupakan istilah yang sangat ambigu.

Peneliti mengatakan, agar bisa disebut sebagai gading maka gigi pada hewan harus memanjang melewati mulut. Bagian tersebut juga harus terus tumbuh sepanjang hidup hewan, dan permukaan gading terbuat dari dentin.

Lalu untuk mempelajari apakah gading dicynodont benar-benar gading, para penelii memotong seiris tipis fosil gigi 19 spesimen dicynodont yang mewakili sepuluh spesies yang berbeda dan memeriksa strukturnya dengan mikroskop.