Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cokelat Terbuat dari Apa dan Kenapa Rasanya Manis?

Kompas.com - 28/10/2022, 19:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Sangat sulit menemukan orang yang tidak suka dengan cokelat atau coklat. Sebelum menjadi camilan favorit, cokelat terbuat dari biji buah kakao yang umumnya diolah menjadi makanan bercita rasa manis.

Cokelat berasal dari buah pohon kakao, Theobroma cacao. Biji kakao diproses sedemikian rupa, dikeringkan, difermentasi, hingga dipanggang.

Sebenarnya, cokelat mentah berbentuk kering dan rasanya pahit. Kenapa rasa cokelat menjadi manis seperti yang kita rasakan selama ini, karena dalam pengolahannya cokelat akan ditambah sedikit gula dan krim, sehingga menghasilkan cita rasa cokelat yang luar biasa.

Dikutip dari Live Science, Jumat (28/10/2022), lebih dari separuh cokelat yang kita konsumsi berasal dari negara-negara sepeti Afrika Barat, terutama dari Ghana dan Pantai Gading.

Cokelat terbuat dari biji kakao

Cokelat berasal dari pohon kakao yang umumnya tumbuh secara eksklusif di tempat beriklim tropis.

Pohon kakao sendiri berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, tetapi saat penjajah Eropa menemukan kelezatan biji kakao pada abad ke-18, popularitas cokelat pun meningkat.

Baca juga: Sejarah Cokelat yang Telah Dimanfaatkan Suku Maya Sejak Ribuan Tahun Lalu

Kini, negara penghasil cokelat tak hanya Pantai Gading dan Ghana, ada juga Nigeria, Indonesia dan Brasil yang menyumbang sekitar 80 persen produksi kakao dunia.

Pohon kakao menghasilkan buah yang ukuran dan bentuknya hampir sama dengan bola sepak.

Biji kakao umumnya dibungkus daging buah berwarna putih yang lembut, sehingga untuk mengolahnya menjadi cokelat perlu dipisahkan dulu dari daging buah, dikeringkan lalu difermentasi.

Selanjutnya, biji kakao dibawa ke pabrik, untuk dibersihkan. Biji kakao kemudian dipanggang dalam oven besar, untuk mengeluarkan rasa dan menghilangkan biji dari kulitnya.

Setelag terpisah dari kulitnya, biji inilah yang kemudian diproses menjadi cokelat dengan cara digiling, untuk membuatnya menjadi pasta kental yang disebut chocolate liquor, tetapi tidak mengandung alkohol.

Bahan utama cokelat inilah yang kemudian diolah oleh para pembuat cokelat dengan berbagai kreasi, yang selanjutnya dikenal dengan berbagai produk cokelat dengan berbagai cita rasa berbeda.

Baca juga: Sejarah Cokelat, Manfaat hingga Efek Samping Makan Cokelat bagi Imunitas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com