Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Kelinci Terbesar di Dunia, Kelinci Raksasa Flemish Salah Satunya

Kompas.com - 28/10/2022, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Kelinci adalah hewan yang sering dipelihara, selain kucing dan anjing. Kendati ada jenis kelinci kecil yang menggemaskan, namun ternyata terdapat juga kelinci-kelinci terbesar di dunia yang juga banyak dipelihara.

Di seluruh dunia, ada lebih dari 300 jenis kelinci. Di antara kelinci-kelinci tersebut juga terdiri dari keluarga kelinci terbesar yang memiliki bobot hingga 20 pon atau lebih dari 9 Kg.

Bahkan, kelinci terbesar di dunia dapat memiliki berat yang bisa mencapai 50 pon atau lebih dari 22 Kg, dengan panjang tubuh mencapai lebih dari 121 Cm.

Hewan kelinci adalah jenis hewan peliharaan yang banyak disukai oleh anak-anak, karena mereka bisa hidup di dalam atau di luar ruangan, serta mudah dijinakkan.

Dikutip dari AZ Animals, Jumat (28/10/2022), terdapat 300 ras kelinci yang diakui di seluruh dunia, dari jenis kelinci yang bertelinga floppy hingga bertelinga lurus, serta berbulu panjang dan pendek.

Namun, di antara ratusan ras kelinci ini, terdapat juga jenis kelinci terbesar, dengan ukuran tubuh yang sangat besar. Berikut 10 jenis kelinci terbesar di dunia.

1. Kelinci raksasa Flemish

Flemish Giant Rabbit atau kelinci raksasa Flemish adalah jenis kelinci terbesar di dunia, bahkan paling besar di antara spesies lainnya.

Bobot tubuh kelinci raksasa ini bisa mencapai lebih dari 8 Kg, dan membuatnya dinobatkan jadi kelinci terbesar di dunia.

Baca juga: Viral Kelinci Raksasa Flemish, Ras Kelinci Tertua di Dunia

Jenis kelinci terbesar di dunia ini, awalnya dibesarkan di Flanders untuk diambil bulu dan dagingnya. Ciri fisik kelinci raksasa Flemish ini memiliki telinga yang sangat besar, lurus dan bulu yang lebat dengan warna yang berbeda.

Kelinci raksasa Flemish akan tumbuh sepenuhnya hingga usia 1,5 tahun, dan terlepas dari ukuran tubuhnya yang sangat besar ini Flemish Giant Rabbit adalah ras kelinci yang sangat kalem dan sifatnya tenang.

2. Kelinci raksasa Continental

Continental Giant Rabbit juga dianggap salah satu jenis kelinci terbesar di dunia yang kedua setelah Flemish Giant Rabbit.

Berat kelinci raksasa ini bisa mencapai lebih dari 7 Kg, dan panjangnya bisa mencapai 3 kaki. Terkadang kelinci ini juga dikenal sebagai German Giant Rabbit, dengan umur bisa mencapai 5 tahun

Tak hanya bisa dipelihara, ras kelinci terbesar di dunia ini juga memiliki tubuh berotot, yang membuat awalnya kelinci ini dibiakkan untuk diambil dagingnya.

Namun, jenis kelinci terbesar kedua di dunia ini ternyata juga mudah dijinakkan dan bisa bergaul dengan baik dengan anjing maupun kucing, sehingga kelinci ini pun menjadi peliharaan yang banyak disukai.

Baca juga: Kelinci Hewan Bertelinga Panjang yang Aslinya Berasal dari Eropa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com