Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Jenis Kelinci Terbesar di Dunia, Kelinci Raksasa Flemish Salah Satunya

KOMPAS.com - Kelinci adalah hewan yang sering dipelihara, selain kucing dan anjing. Kendati ada jenis kelinci kecil yang menggemaskan, namun ternyata terdapat juga kelinci-kelinci terbesar di dunia yang juga banyak dipelihara.

Di seluruh dunia, ada lebih dari 300 jenis kelinci. Di antara kelinci-kelinci tersebut juga terdiri dari keluarga kelinci terbesar yang memiliki bobot hingga 20 pon atau lebih dari 9 Kg.

Bahkan, kelinci terbesar di dunia dapat memiliki berat yang bisa mencapai 50 pon atau lebih dari 22 Kg, dengan panjang tubuh mencapai lebih dari 121 Cm.

Hewan kelinci adalah jenis hewan peliharaan yang banyak disukai oleh anak-anak, karena mereka bisa hidup di dalam atau di luar ruangan, serta mudah dijinakkan.

Dikutip dari AZ Animals, Jumat (28/10/2022), terdapat 300 ras kelinci yang diakui di seluruh dunia, dari jenis kelinci yang bertelinga floppy hingga bertelinga lurus, serta berbulu panjang dan pendek.

Namun, di antara ratusan ras kelinci ini, terdapat juga jenis kelinci terbesar, dengan ukuran tubuh yang sangat besar. Berikut 10 jenis kelinci terbesar di dunia.

1. Kelinci raksasa Flemish

Flemish Giant Rabbit atau kelinci raksasa Flemish adalah jenis kelinci terbesar di dunia, bahkan paling besar di antara spesies lainnya.

Bobot tubuh kelinci raksasa ini bisa mencapai lebih dari 8 Kg, dan membuatnya dinobatkan jadi kelinci terbesar di dunia.

Jenis kelinci terbesar di dunia ini, awalnya dibesarkan di Flanders untuk diambil bulu dan dagingnya. Ciri fisik kelinci raksasa Flemish ini memiliki telinga yang sangat besar, lurus dan bulu yang lebat dengan warna yang berbeda.

Kelinci raksasa Flemish akan tumbuh sepenuhnya hingga usia 1,5 tahun, dan terlepas dari ukuran tubuhnya yang sangat besar ini Flemish Giant Rabbit adalah ras kelinci yang sangat kalem dan sifatnya tenang.

2. Kelinci raksasa Continental

Continental Giant Rabbit juga dianggap salah satu jenis kelinci terbesar di dunia yang kedua setelah Flemish Giant Rabbit.

Berat kelinci raksasa ini bisa mencapai lebih dari 7 Kg, dan panjangnya bisa mencapai 3 kaki. Terkadang kelinci ini juga dikenal sebagai German Giant Rabbit, dengan umur bisa mencapai 5 tahun

Tak hanya bisa dipelihara, ras kelinci terbesar di dunia ini juga memiliki tubuh berotot, yang membuat awalnya kelinci ini dibiakkan untuk diambil dagingnya.

Namun, jenis kelinci terbesar kedua di dunia ini ternyata juga mudah dijinakkan dan bisa bergaul dengan baik dengan anjing maupun kucing, sehingga kelinci ini pun menjadi peliharaan yang banyak disukai.

3. Kelinci raksasa Spanyol

Spanyol Giant Rabbit adalah jenis kelinci terbesar yang bobotnya bisa mencapai 7 Kg.

Awalnya, kelinci raksasa ini dibiakkan dengan kawin silang antara Kelinci Raksasa Flemish dengan Kelinci Raksasa Spanyol, yang menghasilkan keturunan kelinci besar dan ramah yang bisa berukuran sebesar domba.

Kelinci raksasa Spanyol memiliki telinga yang sangat panjang dan lurus, dengan beberapa warna berbedam serta bulu yang pendek dan tebal.

4. Kelinci Raksasa Inggris

Kelinci terbesar di dunia keempat adalah British Giant Rabbit, yang merupakan salah satu ras kelinci terbesar di Inggris, dengan berat antara 6-7 Kg.

Kelinci Raksasa Inggris ini berasal dari Inggris pada tahun 1940-an. Kelinci ini memiliki telinga lurus dan bulu panjang dengan berbagai warna dari hitam, putih, biru, dan abu-abu.

5. Kelinci Raksasa Blanc de Bouscat

Kelinci Blanc de Bouscat ini memiliki ciri bulu berwarna putih yang berasal dari Bouscat, Perancis, yang ditemukan pada tahun 1906.

Kelinci terbesar di dunia kini pun diketahui berkerabat dekat dengan kelinci Angora Perancis, dan memiliki bulu yang sangat halus.

Secara teknis, kelinci Blanc de Bouscat adalah kelinci albino, dengan mata berwarna merah muda dan tidak pernah ditemukan dalam warna apapun selain putih.

Berat kelinci Blanc de Bouscat ini bisa mencapai 6 Kg, dan memiliki sifat yang tenang dan penuh kasih sayang.

6. Kelinci raksasa Hongaria

Raksasa Hongaria adalah jenis kelincib raksasa yang dikembangkan lebih dari 200 tahun yang lalu dengan membiakkan kelinci daging komersial dengan kelinci liar.

Kelinci terbesar di Hongaria ini, pertama kali dikenal sebagai Agouti Hongaria karena macam warnanya yang sangat banyak.

Kelinci tersebut umumnya memiliki berat sekitar 6 kg dan memiliki telinga lurus yang besar dan, meskipun mereka sekarang dapat ditemukan dalam berbagai warna, agouti masih merupakan warna dominan dari jenisnya.

7. Kelinci raksasa French Lop

French Lop Rabbit adalah kelinci terbesar lainnya yang memiliki bobot hingga 6 Kg. Rupanya, kelinci tersebut adalah jenis kelinci hasil kawin silang English Lop dan French Butterfly Rabbit.

Pertama kali dibiakkan pada tahun 1850-an di Perancis sebagai kelinci pedaging. Kelinci ini memiliki bulu yang tebal dan telinga yang terkulai, serta bulu pendek yang bisa beraneka warna.

8. Kelinci raksasa Chinchilla

Kelinci terbesar di dunia ini memiliki berat sekitar 6kg dan kelinci Chinchilla adalah jenis kelinci besar yang berasal dari Perancis sebelum diperkenalkan ke Amerika Serikat pada tahun 1919, yang mana kelinci American Chinchilla dikembangkan.

Terlepas dari kesamaan namanya, kelinci Chinchilla sebenarnya tidak berkerabat dengan chinchilla.

Kelinci ini terkenal karena bulu lembut abu-abu perak dengan perut putih, sehingga membuat kelinci ini mudah dibedakan dari ras kelinci lain.

9. Kelinci Papillon Raksasa

Kelinci Papillon raksasa ini juga berasal dari Perancis, dan dikenal juga dengan nama Checkered Giant Rabbit yang biasanya memiliki berat antara 5-6 Kg.

Kelinci-kelinci ini awalnya dibiakkan dari perkawinan silang antara Flemish Giants Rabbit dan kelinci tutul di akhir abad ke-19.

Jenis kelinci terbesar ini adalah ras kelinci berbulu pendek yang paling terkenal karena bulu putihnya yang lembut dan dihiasi bercak hitam, serta telinga hitam lurus.

10. Kelinci English Lop

English Lop Rabbit adalah jenis kelinci yang merupakan breed pertama yang dibiakkan di Inggris pada abad ke-19 dan terkenal karena telinganya yang besar, floppy, dan kepribadiannya yang ramah.

Dianggap sebagai salah satu ras kelinci domestik tertua, English Lop dapat tumbuh hingga sekitar 5,5 Kg. Warnanya bisa beragam, baik solid (hitam, biru, dan coklat kekuningan) dan dengan bercak putih.

Kelinci Inggris ini sering dikenal sebagai jenis kelinci yang sangat malas, yang dikombinasikan dengan sifat penasaran tetapi ramah, membuat mereka menjadi hewan peliharaan yang sangat baik untuk anak-anak.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/10/28/170200023/10-jenis-kelinci-terbesar-di-dunia-kelinci-raksasa-flemish-salah-satunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke