Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Kelinci Raksasa Flemish, Ras Kelinci Tertua di Dunia

Kompas.com - 23/08/2022, 17:31 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, kelinci berukuran sangat besar dengan berbagai warna ramai diperbincangkan publik.

Salah satu akun di media sosial Twitter, @tq3illl, membagikan sejumlah foto yang menunjukkan seorang pria menggendong beberapa kelinci peliharaan yang berukuran besar ini.

Dalam unggahan yang viral ini, kelinci tersebut memang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kelinci biasa, bahkan mencapai hampir satu meter.

Setelah ditelusuri, kelinci dalam foto yang menarik perhatian publik tersebut berjenis kelinci raksasa Flemish atau Flemish Giant Rabbit.

Kelinci flemish giant ini adalah salah satu ras kelinci terbesar dan tertua yang diakui.

Baca juga: 5 Kelinci Terkecil di Dunia, Nomor 1 Beratnya Hanya Setengah Kilogram

 

Karakteristik kelinci raksasa Flemish

Dilansir dari laman Maryland Zoo, Selasa (23/8/2022) kelinci raksasa Flemish mempunyai berat rata-rata 15 pon atau 6,8 kg dengan panjang yang bisa mencapai 2,5 kaki atau 7,6 meter.

Ukurannya akan meningkat pesat dalam enam bulan pertama kehidupannya. Seiring bertambahnya usia, jenis kelinci ini lebih rentan terhadap obesitas dan semua faktor risiko yang menyertainya.

Kelinci raksasa Flemish jantan mempunyai kepala yang lebih lebar dibandingkan betina. Betina Flemish mempunyai lipatan besar kulit di bawah dagu yang digunakan untuk menghangatkan anak-anaknya.

Terdapat tujuh warna yang secara resmi diakui di Amerika Serikat oleh National Federation of Flemish Giant Rabbit Breeders, yaitu hitam, biru, coklat kekuningan, abu-abu muda, abu-abu baja, berpasir, dan putih.

Menurut standar Breeders, kelinci raksasa Flemish yang dianggap baik yakni yang memiliki kepala yang besar dan berbentuk bagus, telinga tegak, tubuh panjang dan kuat, mantel berwarna merata, serta pantat berbentuk bulat.

Baca juga: Mengenal Bilby, Kelinci Paskah yang Hampir Punah dari Australia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com