Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Penguasa Lautan Mosasaurus Bisa Tumbuh Lebih Besar dari Bus?

Kompas.com - 04/10/2022, 11:00 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Ketika dinosaurus masih hidup dan berkuasa di daratan, mosasaurus adalah penguasa di lautan.

Mosasaurus adalah sekelompok reptil bawah air yang hidup di Zaman Kapur yakni antara 99,6-65,5 juta tahun lalu. Makhluk ini termasuk dalam kelompok squamata yang juga menaungi semua jenis kadal dan ular, sehingga masih sekeluarga dengan komodo.

Dulunya kecil

Salah satu spesies mosasaurus terbesar yang pernah ditemukan, Mosasaurus hoffmanni, bisa tumbuh hingga 17 meter, 50 persen lebih panjang dari bus.

Namun, mosasaurus tidak selalu sebesar ini. Dilansir dari LiveScience, Johan Lindgren selaku peneliti utama dan pakar paleontologi dari Lund University berkata bahwa mosasaurus awalnya berbentuk seperti ular laut modern dengan bentuk tubuh yang kurus dan ekor yang ramping.

Baca juga: Mengenal Mosasaurus, Penguasa Lautan pada Zaman Dinosaurus Hidup

Jika ditarik lebih jauh lagi, moyang mosasaurus bahkan diduga menyerupai iguana laut dari Kepulauan Galapagos. Mereka sebetulnya adalah hewan darat yang masuk ke lautan hanya untuk makan.

Lantas, ketika mosasaurus pertama kali muncul, lautan didominasi oleh hiu ginsu termasuk Cretoxyrhina mantelli yang berukuran 6,5-7 meter dan bisa memangsa mosasaurus.

Ekornya berubah

Mosasaurus baru menjadi penguasa lautan setelah 27 juta tahun berada di Bumi berkata beberapa perubahan anatomi yang membuat cara berenang mereka menjadi lebih efisien.

Para peneliti mengetahui hal ini setelah memetakan berbagai perubahan anatomi yang terjadi pada fosil dari empat jenis mosasaurus yang berada di berbagai tahap berbeda dalam adaptasi hidup di laut.

Baca juga: Hiu Megalodon Dulu Penguasa Lautan, Bagaimana Bisa Punah?

Keempat mosasaurus ini mulai dari Dallasaurus yang paling cocok untuk hidup di darat hingga Plotosaurus yang bertubuh seperti lumba-lumba dan memiliki gerigi di sisiknya untuk menyalurkan air.

Tidak cukup sampai di situ, tim ahli juga melihat hewan-hewan modern seperti beragam kadal, ular laut dan hiu untuk mencari tahu lebih lanjut.

Wikimedia Commons Rekonstruksi CGI Dallasaurus

Hasil penelitian Lindgren dan kolega menunjukkan bahwa Dallasaurus yang berukuran kecil (sekitar 1,5 meter) berenang seperti ular laut dengan tulang ekornya meliuk-liuk. Gaya renang ini cocok untuk menyergap mangsa tetapi tidak cocok untuk mengejar mangsa.

Namun, ekor mosasaurus kemudian mengalami perubahan menjadi menyerupai hiu dan ichthyosaurus, yakni terdiri dari dua lobus dan berbentuk seperti bulan sabit.

Baca juga: Apakah Dinosaurus Termasuk Reptil?

Dalam perubahan ini, ekor mosasaurus menjadi terregionalisasi dengan beberapa bagian dari tulang punggungnya beradaptasi untuk tujuan tertentu dan bagian yang menempel pada ekor menjadi semakin kokoh.

Bagian tulang punggung juga menjadi lebih pendek sehingga ekor menjadi semakin kuat dan berkurang kelenturannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com