Kompas.com - 03/10/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Mosasaurus adalah sebuah genus atau nama kelompok bagi predator puncak yang hidup di lautan pada Zaman Kapur antara 99,6-66,5 juta tahun lalu. Terdapat lusinan reptil laut yang disebut mosasaurus.

Penampakan fisik

Penampakan fisik anggota suku Mosasauroidea sangat beragam, tergantung spesiesnya. Namun secara umum, Mosasauroidea memiliki ekor panjang dan lengan kekar yang digunakannya untuk mendayung di air

Spesies terkecil, Dallasaurus turneri, memiliki panjang tubuh yang tidak sampai 1 meter. Ada juga Xenodens calminechari yang ukurannya hanya sebesar porpoise, mamalia air mirip lumba-lumba.

Sebaliknya, spesimen terbesar yang pernah ditemukan adalah Mosasaurus hoffmanni yang diperkirakan memiliki panjang tubuh mencapai 17 meter. Dengan ukuran tersebut, M hoffmanni sama besarnya dengan megalodon yang mendominasi lautan pada kala Miosen awal dan Pliosen (15,9-2,6 juta tahun lalu).

Baca juga: Bukti Tumbukan Asteroid yang Bunuh Dinosaurus Ditemukan di Bulan

Bukan Dinosaurus

Meski namanya mirip dan keduanya hidup di zaman yang sama, mosasaurus bukan dinosaurus.

Pasalnya, mosasaurus termasuk dalam kelompok squamata, yang menaungi semua jenis kadal dan ular. Sebaliknya, dinosaurus bukan kadal, meski sering disebut kadal purba.

Habitat dan makanan

Rekonstruksi tengkorak Mosasaurus hoffmanni di Maastricht Natural History MuseumWikimedia Commons Rekonstruksi tengkorak Mosasaurus hoffmanni di Maastricht Natural History Museum

Fosil mosasaurus biasanya ditemukan di dalam batu yang terbentuk di lingkungan kelautan dangkal di Amerika Utara, Timur Tengah dan padang rumput Amerika Utara.

Perlu diketahui bahwa pada zaman kapur, wilayah-wilayah ini terendam air sehingga para peneliti pun berpikir bahwa mosasaurus hidup di wilayah pesisir, laguna dan estuaria.

Berdasarkan habitatnya, para peneliti juga berpendapat bahwa mosasaurus memakan ikan termasuk hiu, amonit, burung-burung bahkan reptil lainnya, seperti plesiosaurus dan kura-kura purba.

Baca juga: Apakah Dinosaurus Termasuk Reptil?

Penyebab kepunahan

Mosasauroidea punah sekitar 65,5 juta tahun lalu bersama dinosaurus. Penyebab kepunahannya adalah tumbukan asteroid raksasa yang menjadi akhir dari Zaman Kapur.

Pasalnya, tumbukan asteroid menghancurkan ekosistem kelautan yang menjadi sumber makanan Mosasauroidea. Akibatnya mosasaurus dan Mosasauroidea lainnya pun punah dan puncak rantai makanan laut diambil alih oleh buaya purba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.