Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Mosasaurus, Penguasa Lautan pada Zaman Dinosaurus Hidup

Kompas.com - 03/10/2022, 16:00 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Mosasaurus adalah sebuah genus atau nama kelompok bagi predator puncak yang hidup di lautan pada Zaman Kapur antara 99,6-66,5 juta tahun lalu. Terdapat lusinan reptil laut yang disebut mosasaurus.

Penampakan fisik

Penampakan fisik anggota suku Mosasauroidea sangat beragam, tergantung spesiesnya. Namun secara umum, Mosasauroidea memiliki ekor panjang dan lengan kekar yang digunakannya untuk mendayung di air

Spesies terkecil, Dallasaurus turneri, memiliki panjang tubuh yang tidak sampai 1 meter. Ada juga Xenodens calminechari yang ukurannya hanya sebesar porpoise, mamalia air mirip lumba-lumba.

Sebaliknya, spesimen terbesar yang pernah ditemukan adalah Mosasaurus hoffmanni yang diperkirakan memiliki panjang tubuh mencapai 17 meter. Dengan ukuran tersebut, M hoffmanni sama besarnya dengan megalodon yang mendominasi lautan pada kala Miosen awal dan Pliosen (15,9-2,6 juta tahun lalu).

Baca juga: Bukti Tumbukan Asteroid yang Bunuh Dinosaurus Ditemukan di Bulan

Bukan Dinosaurus

Meski namanya mirip dan keduanya hidup di zaman yang sama, mosasaurus bukan dinosaurus.

Pasalnya, mosasaurus termasuk dalam kelompok squamata, yang menaungi semua jenis kadal dan ular. Sebaliknya, dinosaurus bukan kadal, meski sering disebut kadal purba.

Habitat dan makanan

Rekonstruksi tengkorak Mosasaurus hoffmanni di Maastricht Natural History MuseumWikimedia Commons Rekonstruksi tengkorak Mosasaurus hoffmanni di Maastricht Natural History Museum

Fosil mosasaurus biasanya ditemukan di dalam batu yang terbentuk di lingkungan kelautan dangkal di Amerika Utara, Timur Tengah dan padang rumput Amerika Utara.

Perlu diketahui bahwa pada zaman kapur, wilayah-wilayah ini terendam air sehingga para peneliti pun berpikir bahwa mosasaurus hidup di wilayah pesisir, laguna dan estuaria.

Berdasarkan habitatnya, para peneliti juga berpendapat bahwa mosasaurus memakan ikan termasuk hiu, amonit, burung-burung bahkan reptil lainnya, seperti plesiosaurus dan kura-kura purba.

Baca juga: Apakah Dinosaurus Termasuk Reptil?

Penyebab kepunahan

Mosasauroidea punah sekitar 65,5 juta tahun lalu bersama dinosaurus. Penyebab kepunahannya adalah tumbukan asteroid raksasa yang menjadi akhir dari Zaman Kapur.

Pasalnya, tumbukan asteroid menghancurkan ekosistem kelautan yang menjadi sumber makanan Mosasauroidea. Akibatnya mosasaurus dan Mosasauroidea lainnya pun punah dan puncak rantai makanan laut diambil alih oleh buaya purba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com