Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2022, 12:00 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Puffin adalah salah satu jenis burung yang paling terkenal di dunia berkat warna tubuhnya yang hitam putih seperti penguin dan namanya yang digunakan oleh browser ternama

Namun, tahukah Anda bahwa selain penampakannya yang ikonis, burung puffin juga memiliki sejumlah keunikan lainnya? Berikut adalah lima fakta unik burung puffin yang harus Anda ketahui:

1. Terbang secepat mobil di jalan tol

Puffin membawa ikan untuk anaknya.Shutterstock Puffin membawa ikan untuk anaknya.

Seperti burung pada umumnya, puffin bisa terbang karena memiliki tulang yang berongga sehingga cukup ringan untuk melayang di udara.

Kecepatan maksimal puffin ketika terbang bahkan mencapai 80 kilometer per jam atau setara dengan laju mobil di jalan tol.

Baca juga: Sama-sama Hitam dan Putih, Apa Bedanya Puffin dengan Penguin?

2. Penyelam andal

Selain bisa terbang, puffin juga bisa berenang dengan menggunakan sayapnya sebagai dayung dan akki sebagai kemudi. Bahkan, puffin dikenal sebagai penyelam yang andal.

Puffin umumnya bisa menyelam hingga kedalaman 60 meter. Salah satu spesies puffin, yakni puffin bertanduk, bahkan bisa mencapai kedalaman 76 meter.

Di bawah air, seekor puffin bisa menahan napas hingga satu menit, meski kebanyakan hanya 30 detik.

3. Hewan yang setia

Puffin bertandukShutterstock Puffin bertanduk

Puffin merupakan burung yang setia. Seumur hidupnya, puffin biasanya hanya akan memiliki satu pasangan.

Pasangan ini ditemukan ketika burung puffin atlantik usia 4-6 tahun dan datang ke pulau-pulau di Atlantik Utara pada musim semi dan panas untuk membentuk koloni.

Sepasang burung puffin akan menunjukkan kasih sayang mereka dengan menggosokkan atau mengetukkan paruh mereka yang berwarna cerah.

Baca juga: Mengapa Puffin Kini Terancam Punah?

4. Bisa membawa 10 ikan di paruhnya

Puffin adalah salah satu dari sedikit burung yang bisa membawa beberapa ikan kecil dalam paruhnya yang berwarna cerah. Ini berbeda dari kebanyakan burung laut yang harus menelan dan memuntahkan ikan kembali untuk memberi makan anak mereka.

Kemampuan ini dikarenakan puffin memiliki lidah yang bergerigi dan langit-langit mulut yang berduri sehingga dapat memegang ikan dengan erat. Dalam satu kali perjalanan, seekor puffin bisa membawa 10-12 ikan kecil.

5. Anak puffin memiliki nafsu makan yang dahsyat

Seekor puffin yang baru lahir membutuhkan banyak sekali makanan. Dalam sehari, ayah dan ibu puffin sampai harus menyelam 276 kali.

Ini berlanjut selama 45 hari hingga anak puffin meninggalkan sarangnya. Ketika saat itu tiba, setiap orangtua puffin akan telah menyelam 12.420 kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com