Kompas.com - 03/10/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Kata pohon lekat dengan gambaran struktur kuno, kuat, dan megah seperti pohon ek dan sequoia -- salah satu organisme paling masif dan berumur paling lama di dunia.

Tapi sebenarnya apa pohon itu? Bagaimana kita mendefinisikan pohon dan apa yang membuatnya berbeda dari tumbuhan lainnya?

Baca juga: Studi Sebut Manusia Tanam Pohon Zaitun Pertama Kali 7.000 Tahun Lalu

Apa itu pohon?

Pohon adalah tumbuhan berkayu yang secara tertaur memperbarui pertumbuhannya dan dapat hidup untuk waktu yang sangat lama. Pohon memiliki batang dan cabang yang mendukung daun.

Di bawah tanah, pohon memiliki sistem akar yang bertindak sebagai jangkar dan menyimpan air dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Salah satu cara membedakan pohon dari tanaman lain adalah jaringan ligninnya yang tebal dan kaku, yang kita kenal sebagai kayu.

Seperti yang kita ketahui, spesies pohon yang berbeda memiliki berbagai jenis kayu.

Tinggi pohon

Beberapa organisasi membedakan pohon dengan tanaman lain dari ketinggiannya.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) mengatakan, bahwa spesies tanaman bisa disebut pohon, jika tingginya mencapai 5 meter dengan kondisi pertumbuhan baik – untuk di negara berkembang, sementara di negara maju tingginya mencapai 7 meter.

Begitu juga Inventarisasi Hutan Nasional (IFN) mendefinisikan, pohon sebagai tanaman berkayu yang memiliki batang telanjang di pangkalnya dan dapat tumbuh hingga ketinggian lebih dari atau sama dengan 5m ketika mencapai kedewasaan.

Bahkan, beberapa pohon tumbuh hingga ketinggian yang benar-benar luar biasa. Sebut saja pohon Redwood di California yang menjadi pohon tertinggi di dunia.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.