Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Leonardo DiCaprio Diabadikan untuk Pohon Langka di Kamerun

Kompas.com - 08/01/2022, 11:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber BBC


KOMPAS.com - Para peneliti dari Royal Botanic Gardens di Inggris memberi nama sebuah pohon langka spesies baru dengan nama milik aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio.

Hal ini dilakukan untuk menghormati DiCaprio atas jasanya dalam menyelamatkan hutan hujan dari penebangan.

Melansir BBC, Kamis (6/1/2022), pohon yang memiliki nama resmi Uvariopsis dicaprio ini hanya tumbuh di hutan Kamerun, Afrika Tengah, yang terkenal akan keanekaragaman hayatinya.

"Kami menganggap, dia (Leonardo DiCaprio) sangat berjasa dalam membantu menghentikan penebangan Hutan Ebo," kata Dr Martin Cheek dari Kew, kelompok peneliti dari Royal Botanic Gardens.

Baca juga: Ahli Sebut 12 Pohon Langka Indonesia Terancam Punah

 

Atas jasanya itu, sebuah pohon langka dinamai dari nama Leonardo DiCaprio untuk menghormati sang aktor.

Para ilmuwan dan konservasionis sebelumnya mewanti-wanti saat mengetahui adanya rencana untuk mengizinkan sebagian besar Hutan Ebo dibuka untuk penebangan.

Pasalnya, salah satu hutan hujan terbesar di Afrika Tengah ini adalah rumah bagi berbagai flora dan fauna yang unik, termasuk gorila, simpanse, dan gajah hutan yang terancam punah.

Akhirnya mereka menuliskan surat kepada pemerintah untuk mendokumentasikan spesies hewan dan tumbuhan berharga yang terancam punah.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal PeerJ itu para peneliti menuliskan bahwa pada tahun 2020, sang aktor telah mengangkat isu mengenai spesies hewan dan tumbuhan langka yang terancam punah.

Isu itu dipublikasikan Leonardo DiCaprio melalui media sosialnya untuk menarik perhatian terkait dengan konsensi penebangan pohon yang telah diumumkan di Hutan Ebo awal tahun lalu, yang mengancam keberadaan pohon langka di hutan tersebut.

Baca juga: 90 Tahun Menghilang, Kanguru Pohon Langka Muncul di Papua Barat

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com