RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Bayi Tidak Perlu Mandi Setiap Hari, Benarkah?

Kompas.com - 02/10/2022, 19:37 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Mandi merupakan kegiatan untuk membersihkan tubuh bayi dan tidak perlu dilakukan setiap hari, khususnya pada bayi baru lahir.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah dr. William Jayadi Iskandar, Sp.A mengatakan, hal itu karena dapat mengganggu mekanisme pertahanan kulit bayi seperti kelembapan, kelenjar minyak, dan pori-pori.

“Area tubuh bayi yang perlu dibersihkan secara rutin adalah wajah, leher (terutama lipatan leher), tangan, dan bokong/kemaluan,” jelas dr William.

Baca juga: Kenapa Kulit Bayi Lebih Sensitif dari Orang Dewasa? Ini Penyebabnya

ilustrasi bayi baru lahir.Unsplash/Omar Lopez ilustrasi bayi baru lahir.

Lebih lanjut ia merekomendasikan untuk menggunakan air hangat saat memandikan bayi dan menghindari sabun antiseptik atau sabun yang beraroma.

“Karena kandungan zat kimiawi dalam parfum atau antiseptik dapat mengiritasi kulit bayi,” ujarnya.

Sementara waktu terbaik untuk memandikan bayi adalah waktu saat bayi bangun dan hindari memandikan bayi sebelum atau sesudah makan.

Selain itu, pastikan ruangan hangat, dan siapkan handuk serta baju bersih untuk dipakai setelah mandi.

Baca juga: Kulit Bayi Mudah Iritasi, Bagaimana Cara Memandikannya yang Benar?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.