Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2022, 13:00 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber ,IUCN

KOMPAS.com - Puffin kini terancam punah. Sejak 2015, jenis puffin paling umum yakni puffin atlantik telah berstatus rentan dalam daftar merah IUCN.

Pasalnya, jumlah puffin atlantik dewasa di seluruh dunia diprediksi hanya 12-14 juta saja. Angka ini juga diprediksi terus menurun dari tahun ke tahun.

Antara 2000-2065 atau dalam tiga generasi, populasi puffin atlantik di Eropa diperkirakan akan menurun sebanyak 50-79 persen oleh BirdLife International pada 2015. Ini merupakan masalah serius karena Eropa merupakan habitat bagi 90 persen populasi puffin atlantik global.

Sementara itu, kondisi pasti populasi Atlantik Barat belum diketahui, namun populasi ini juga diprediksi menurun 30-49 persen dalam tiga generasi.

Dalam 100 tahun ke depan, puffin diprediksi bisa punah.

Baca juga: Apa Itu Puffin, Burung Penyelam yang Jadi Simbol dan Nama Browser?

Mengapa puffin terancam punah?

Ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab penurunan populasi puffin yang begitu cepat, yakni angka reproduksi yang rendah, munculnya predator dari spesies yang menginvasi habitat mereka, populasi, industri perikanan dan perburuan manusia.

Angka reproduksi yang rendah

Burung puffin hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.Shutterstock Burung puffin hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.

Dilansir dari artikel The Conversation, 6 Juni 2018, yang ditulis oleh Dosen Senior Ekologi Perilaku di Nottingham Trent University, Louise Gentle; puffin memang memiliki angka reproduksi yang rendah.

Hewan ini hanya bisa berkembang biak di lokasi-lokasi tertentu, dan hanya bisa menghasilkan dan merawat satu telur saja setiap tahunnya.

Predator

Keberadaan predator, terutama dari spesies yang menginvasi habitat mereka, juga sangat mengancam. Seperti yang terjadi di Pulau Lundy, populasi puffin di sana menurun hingga hanya tersisa 10 pasang saja karena serangan dari tikus hitam.

Selain itu, meski puffin menyimpan telurnya di dalam tanah di puncak tebing, ada cerpelai dan rubah yang bisa mencuri dan memakan anak atau telur puffin.

Baca juga: Ada 4 Jenis Burung Puffin di Dunia, Apa Saja?

Lalu ada juga skua artika bisa mencuri makanan yang dibawa oleh induk puffin dewasa bagi anaknya. Padahal, anak puffin membutuhkan sangat banyak makanan untuk bertumbuh.

Dalam satu hari saja, induk puffin harus menyelam sebanyak 276 kali dan membawa 10 ekor ikan setiap kali keluar dari air untuk memberi makan anaknya.

Gangguan dari manusia

Puffin membawa ikan untuk anaknya.Shutterstock Puffin membawa ikan untuk anaknya.

Puffin juga mendapatkan ancaman dari kegiatan manusia. Di Islandia dan Pulau Farou, daging burung ini dianggap sebagai makanan sehingga diburu.

Halaman:
Sumber ,IUCN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com