Kompas.com - 27/09/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Puffin kini terancam punah. Sejak 2015, jenis puffin paling umum yakni puffin atlantik telah berstatus rentan dalam daftar merah IUCN.

Pasalnya, jumlah puffin atlantik dewasa di seluruh dunia diprediksi hanya 12-14 juta saja. Angka ini juga diprediksi terus menurun dari tahun ke tahun.

Antara 2000-2065 atau dalam tiga generasi, populasi puffin atlantik di Eropa diperkirakan akan menurun sebanyak 50-79 persen oleh BirdLife International pada 2015. Ini merupakan masalah serius karena Eropa merupakan habitat bagi 90 persen populasi puffin atlantik global.

Sementara itu, kondisi pasti populasi Atlantik Barat belum diketahui, namun populasi ini juga diprediksi menurun 30-49 persen dalam tiga generasi.

Dalam 100 tahun ke depan, puffin diprediksi bisa punah.

Baca juga: Apa Itu Puffin, Burung Penyelam yang Jadi Simbol dan Nama Browser?

Mengapa puffin terancam punah?

Ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab penurunan populasi puffin yang begitu cepat, yakni angka reproduksi yang rendah, munculnya predator dari spesies yang menginvasi habitat mereka, populasi, industri perikanan dan perburuan manusia.

Angka reproduksi yang rendah

Burung puffin hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.Shutterstock Burung puffin hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.

Dilansir dari artikel The Conversation, 6 Juni 2018, yang ditulis oleh Dosen Senior Ekologi Perilaku di Nottingham Trent University, Louise Gentle; puffin memang memiliki angka reproduksi yang rendah.

Hewan ini hanya bisa berkembang biak di lokasi-lokasi tertentu, dan hanya bisa menghasilkan dan merawat satu telur saja setiap tahunnya.

Predator

Keberadaan predator, terutama dari spesies yang menginvasi habitat mereka, juga sangat mengancam. Seperti yang terjadi di Pulau Lundy, populasi puffin di sana menurun hingga hanya tersisa 10 pasang saja karena serangan dari tikus hitam.

Halaman:
Sumber ,IUCN


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.