Kompas.com - 03/10/2022, 18:03 WIB

KOMPAS.com - Temuan fosil ikan di China Selatan menjadi salah satu temuan penting bagi dunia ilmu pengetahuan.

Pasalnya, temuan fosil itu juga mencakup gigi milik ikan purba tersebut yang disebut peneliti termasuk gigi tertua yang pernah ditemukan.

Temuan ini pun menurut peneliti dapat membantu para ilmuwan untuk mempelajari bagaimana nenek moyang kita pertama kali mengembangkan giginya.

Baca juga: Langka, Ahli Temukan Fosil Ikan Prasejarah 3 Dimensi di Inggris

Dalam serangkaian empat penelitian, peneliti pun lantas merinci temuan tersebut di jurnal Nature.

Mengutip Phys, Senin (3/10/2022) fosil ikan berasal dari periode Silur, era penting bagi kehidupan di Bumi. Periode tersebut berlangsung dari 443 jutatahun lalu hingga 419 juta tahun lalu.

Dan pada periode tersebut, peneliti percaya bahwa nenek moyang kita yang bertulang belakang, masih tinggal di lautan dan kemungkinan mulai mengembangkan gigi serta rahang mereka di waktu itu.

Ahli paleontologi dari University of Bristol Philip Donoghue menyebut, bahwa pengembangan gigi dan rahang rupanya juga memicu serangkaian perubahan lain dalam anatomi mereka, termasuk berbagai jenis sirip.

Fosil ikan dari periode Silur yang mengalami pergeseran anatomi tubuhnya jarang ditemukan. Sehingga, fosil-fosil dari China ini dapat mengisi celah ilmu pengetahuan bagi para peneliti.

Fosil ikan purba China sendiri ditemukan 2019 yang lalu oleh Min Zhu, ahli paleontologi di Akademi Ilmu Pengetahuan China.

Temuan tak disengaja itu bermula, dari tim peneliti yang  menjelajahi tumpukan batu di dekat tebing.