Kompas.com - 03/10/2022, 14:13 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Titanoboa merupakan hewan reptil yang besar dan kuat. 

Ular titanoboa diperkirakan memiliki berat lebih dari 1,3 ton. Ini hampir tiga puluh kali lebih berat dari anaconda, spesies ular terbesar yang hidup saat ini.

Dengan demikian, titanoboa bukan hanya ular terbesar dalam sejarah, tetapi juga vertebrata terbesar yang hidup di darat setelah kematian dinosaurus.

Dilansir dari National Geographic, tubuh titanoboa yang sangat besar ini memungkinkannya untuk memangsa hewan-hewan berukuran besar, termasuk buaya purba Acherontisuchus.

Baca juga: Ciri-ciri dan Karakteristik Titanoboa, Ular Terbesar di Dunia yang Sudah Punah

Kenapa titanoboa tumbuh sangat besar?

Ular titanoboa memiliki panjang sekitar 12,8 meter dengan lebar hampir 1 meter pada titik terlebarnya. Ada beberapa yang percaya ular ini bisa tumbuh hingga 15 meter. 

Dikutip dari AZ Animals, para ilmuwan percaya bahwa titanoboa dapat mencapai ukuran yang sangat besar karena habitatnya memiliki suhu yang hangat, jauh lebih hangat daripada sekarang.

Suhu tubuh reptil seperti titanoboa bergantung pada suhu lingkungan mereka dan tubuh mereka hanya bisa menjadi sangat besar sebelum metabolisme mereka melambat ke titik di mana mereka pada dasarnya tidak dapat berfungsi. 

Seekor ular yang hidup di iklim hangat dapat tumbuh besar karena suhu yang lebih tinggi mendukung massanya yang lebih besar.

Baca juga: Titanoboa Vs Acherontisuchus, Predator Mana yang Lebih Besar?

Oleh sebab itu, ular terbesar di dunia berhabitat di wilayah sekitar Khatulistiwa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.