Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Mahasiswa Unhas Diusir karena Mengaku Non-Biner, Apa Perbedaan Jenis Kelamin dan Gender?

Kompas.com - 22/08/2022, 17:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan video viral menampilkan mahasiswa yang disebut diusir oleh dosen di acara pengenalan mahasiswa baru di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan.

Mahasiswa Unhas dalam potongan video itu mengaku bukan laki-laki maupun perempuan, dan menyebut dirinya sebagai non-biner atau non-binary.

Video tersebut melibatkan Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unhas yang terekam beberapa kali menanyakan jenis kelamin mahasiswa baru itu.

"Kamu mau sekali jadi perempuan atau laki-laki?" tanya Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unhas seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

"Tidak keduanya, ditengah-tengah. Makanya netral pak," jawab mahasiswa tersebut.

Mendengar jawaban itu, sang dekan pun memanggil panitia yang berada di acara tersebut.

"Halo, halo, halo, panitia ambil ini. Ambil tas mu. Kita nda terima laki-laki dan perempuan di sini. Salah satunya ji diterima," tuturnya.

Dosen Fakultas Hukum Unhas Dr. Muhammad Ilham Arisaputra menyampaikan, Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unhas Muh Hasrul sempat menjelaskan soal jenis kelamin di dalam hukum yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Video Viral Anak SD Rambutnya Dipotong Guru Alami Trauma, Ini Kata Psikolog

"Dijelaskan oleh Wakil Dekan III kami bahwa dalam hukum yang dikenal adalah jenis kelamin dan itu hanya ada 2, laki-laki dan perempuan," kata Ilham menanggapi ramainya video viral mahasiswa Unhas diusir karena mengaku non-biner.

Urusan gender, lanjut dia, adalah urusan masing-masing. Namun, yang jelas dan harus ditentukan adalah jenis kelaminnya karena di dalam hukum hanya jenis kelamin yang dikenal.

Beda gender dan jenis kelamin terkait mahasiswa Unhas mengaku non-biner

Sebenarnya, apa perbedaan jenis kelamin dan gender?

Kebanyakan orang kerap kali menggunakan istilah jenis kelamin dan gender untuk merujuk pada satu kondisi yang sama. Padahal, jenis kelamin dan gender merupakan dua hal yang berbeda.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (11/5/2021) jenis kelamin adalah segala sesuatu yang mengacu pada perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan. Sedangkan gender adalah bagaimana seseorang mengidentifikasi dirinya dan gender tidak terdiri dari bentuk biner. 

Seorang mahasiswa Unhas diusir dosen karena mengaku non-binder atau gender netral saat mengikuti kegiatan pengenalan mahasiswa baru. Video tentangnya pun viral di media sosial dan menimbulkan berbagai reaksi wargnet.

Baca juga: Video Viral Mahasiswi Curhat Pasang Kateter Berujung Teguran, Simak Tips Bijak Bermedia Sosial

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com