Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2022, 20:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Channa barca atau Barca Snakehead menjadi salah satu ikan peliharaan dengan harga fantastis. Ikan berkepala ular ini di beberapa marketplace dijual mulai dari harga jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Channa umumnya dikenal sebagai Snakeheads, adalah ikan predator primitif dari anggota keluarga Channidae. 

Ikan ini disebut snakehead, berkepala ular, karena bentuknya yang rata dan sisik di kepala yang mengingatkan pada sisik epidermal besar pada ular.

Asal ikan Channa barca

Ikan Channa dikenal sebagai salah satu ikan hias, dengan fisiknya yang mirip ular dan kulit bersisik. Lantas, dari mana asal ikan Channa?

Fosil yang berasal dari 50 juta tahun yang lalu menunjukkan asal ikan Channa di Himalaya selatan, di wilayah pegunungan yang membentang dari India hingga Pakistan Timur.

Dari 15 juta tahun yang lalu dan seterusnya, hewan ini telah menyebar melalui zona iklim intertropis yang meluas ke sebagian Eropa, Afrika, dan sebagian besar Asia.

Baca juga: Ikan Channa, Predator Mini yang Diminati Menjadi Ikan Hias

Ikan channa barca menjadi spesies besar yang tumbuh 80-90 cm dan endemik di India Utara, tepatnya di Sungai Brahmaputra (Assam utara dan Nagaland).

Habitat ikan Channa barca terdiri dari ekosistem mikro dengan hutan hujan tropis dan angin muson yang kuat.

Selama musim dingin, sungai sebagian besar mengering dan suhu turun. Di musim panas daerah ini dibanjiri oleh air dari hujan dan salju yang mencair dari Himalaya.

Ikan Channa barca bersembunyi selama periode musim dingin di liang dengan kedalaman maksimum 1 meter. Biasanya satu liang menampung spesimen soliter atau pasangan.

Ikan ini adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak digandrungi para penggemar ikan hias. Namun, harga ikan channa barca sangatlah mahal.

Kenapa harga ikan channa barca mahal?

Dituliskan India Mongabay pada 2021, Channa barca atau ikan gabus Barca, masuk dalam spesies ikan gabus langka yang endemik di hulu sungai Brahmaputra di timur laut India dan Bangladesh.

Baca juga: Bak Ular, Ikan Hias dari Indonesia Ini Mampu Suntikkan Bisa

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com