Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Channa, Predator Mini yang Diminati Menjadi Ikan Hias

Kompas.com - 15/07/2022, 13:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comIkan channa adalah ikan predator yang masih satu famili dengan ikan gabus dan tinggal di perairan air tawar Indonesia. Ikan ini menarik banyak perhatian karena bentuknya yang unik dan bisa dipelihara di dalam akuarium.

Morfologi ikan channa

Ikan channa adalah termasuk ke dalam famili Channidae dan ordo Perciformes. Ikan channa tidak hanya terdiri dari satu spesies, namun ada banyak dan paling mudah dibedakan dari corak dan warna yang ada di tubuhnya. Beberapa spesies yang terkenal antara lain golden cobra snakehead (Channa auratimaculata), red snakehead (Channa micropeltes), dan rainbow snakehead (Channa bleheri).

Predator kecil ini merupakan hewan asli Asia Tenggara dan Asia Selatan, terutama Indonesia, India, Sri Lanka, Thailand, dan Malaysia. Di perairan Indonesia, ikan channa paling banyak ditemukan di Kalimantan.

Namun, pada tahun 1970-an, ikan ini banyak dikirim ke negara lain, seperti Amerika Serikat dan Afrika, untuk dijual sebagai ikan hias.

Ikan ini sering disebut juga sebagai ikan gabus kerdil karena ukurannya yang kecil. Rata-rata panjang ikan channa hanya 50 sentimeter saja, dengan panjang maksimal yang pernah ditemukan mencapai 130 sentimeter. Sedangkan berat badan paling besar yang pernah dilaporkan adalah 20 kilogram.

Ikan channa dikenal juga sebagai ikan berkepala ular. Badannya memiliki dua garis hitam dengan aksen jingga di sisa badannya. Warna ini bisa berbeda-beda berdasarkan spesiesnya.

Baca juga: Ikan Tembus Pandang Aneh Ditemukan di Laut Dalam Alaska

Habitat dan diet ikan channa

Ikan channa hidup di air tawar pada daerah dengan curah hujan yang tinggi, suhu yang panas, dan kelembapan udara tinggi. Itulah sebabnya, ikan ini tumbuh subur di Asia Tenggara dan Asia Tengah.

Ikan ini dapat ditemukan di sawah, danau, atau parit. Namun, ikan ini tidak bisa hidup di air yang mengalir deras seperti sungai. Ikan gabus kerdil ini akan diam saja di bawah perairan tenang dan hanya bergerak untuk bernapas dan menyerang mangsa.

Ikan channa merupakan karnivora yang memangsa ikan-ikan kecil, cacing, dan katak yang hidup di sekitar perairan. Namun, karena ikan ini telah dibiakkan menjadi hewan peliharaan, terkadang ikan ini juga mau memakan makanan kering, namun bukan sebagai makanan utamanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com