Bagaimana Risiko Terinfeksi Cacar Monyet Saat Melakukan Perjalanan Internasional? Ini Kata Epidemiolog

Kompas.com - 26/07/2022, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Infeksi cacar monyet atau monkeypox telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan masyarakat global.

Penyebaran virus semakin meluas dengan beberapa negara terus melaporkan kasus suspek dan konfirmasi dari penyakit cacar monyet ini.

Situasi epidemiologi global selama periode 1 Januari hingga 20 Juli 2022, tercatat adanya 14.533 kasus suspek dan kasus terkonfirmasi laboratorium dari 72 negara di seluruh dunia.

Di sisi lain, perjalanan internasional telah dilonggarkan yang tentunya memudahkan seseorang untuk keluar masuk suatu negara.

Baca juga: WHO Resmi Umumkan Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan Global, Ketahui Gejalanya

Lantas, seberapa besar risiko cacar monyet saat melakukan perjalanan ke Luar Negeri?

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, sejauh ini belum diperlukan adanya pengetatan perjalanan internasional atas kasus cacar monyet yang merebak.

Menurut dia, risiko pelaku perjalanan masih dalam kategori kecil, dikarenakan proses penularan monkeypox yang hanya dapat terjadi dari paparan lesi atau ruam dari penderita.

“Prinsip penularan dari monkeypox atau cacar monyet ini ketika seseorang melakukan kontak langsung atau tidak langsung dengan penderita atau pasien,” ujar Dicky saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Kontak langsung terjadi dengan kontak intim seperti berpelukan, berciuman, bersentuhan antara kulit dan kulit dengan lesi atau ruam berisi cairan yang pecah.

“Luka cairan dari si pasien itulah yang menjadikan sumber penularan,” lanjut dia.

Baca juga: WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global, Ini Rekomendasi untuk Setiap Negara

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.