Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ari Lasso Jalani PET Scan Usai Sembuh dari Kanker Limfoma, Apa Itu?

Kompas.com - 22/07/2022, 16:03 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Musisi Tanah Air, Ari Lasso, mengumumkan bahwa dirinya telah menjalani pemeriksaan PET scan usai dinyatakan sembuh dari kanker limfoma yang sempat diidapnya. Hal itu dibagikan Ari Lasso melalui unggahan di akun Instagram pribadinya.

"Puji Tuhan PET scan pagi ini berjalan lancar dan hasilnya bagus. Cuma bisa bersyukur untuk anugerah ini. Makasih untuk doa temen-temen, dan kalian semua ya," tulis akun @ari_lasso pada Rabu (19/7/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ari Lasso (@ari_lasso)

Ari Lasso juga mengucapkan rasa terima kasih kepada dokter yang menangani, sekaligus memberikan dukungan kepada pasien kanker lainnya.

Lantas, sebenarnya apa itu PET scan seperti yang sudah dilakukan Ari Lasso?

Dilansir dari Healthline, Kamis (16/12/2021) positron emission tomography atau PET scan adalah tes pencitraan yang memungkinkan dokter memeriksa penyakit di tubuh.

Baca juga: Ari Lasso Idap Kanker DLBCL, Dokter: Kanker Ganas dan Agresif tapi Bisa Disembuhkan

PET scan, prosedur yang dilakukan Ari Lasso setelah sembuh dari kanker, menggunakan pewarna khusus dengan kandungan pelacak radioaktif yang ditelan, dihirup, atau disuntikkan ke pembuluh darah di lengan pasien.

Organ dan jaringan tertentu kemudian menyerap pelacak tersebut, dan dokter akan melihat seberapa baik organ maupun jaringan bekerja.

Alat pemindai ini juga melihat aktivitas pada area di organ, atau jaringan tertentu yang menunjukkan adanya aktivitas kimia yang tinggi. Apabila ditemukan aktivitas kimia yang lebih tinggi, maka area penyakit tersebut akan muncul sebagai titik terang pada PET scan.

Pemindaian pun dapat mengukur aliran darah, penggunaan oksigen, dan bagaimana tubuh mengolah gula, serta berbagai aktivitas lainnya.

Mengapa pasien perlu melakukan PET scan?

Umumnya PET scan disarankan untuk memeriksa aliran darah, asupan oksigen, ataupun metabolisme organ dan jaringan.

Hasilnya dapat menunjukkan masalah pada tingkat sel, memberi dokter infromasi terkait penyakit sistemik yang kompleks seperti penyakit arteri koroner (CAD), tumor otak, gangguan memori, hingga gangguan kejang.

Beberapa waktu lalu, Ari Lasso sakit kanker yang menyebabkan harus rehat dari aktivitas di panggung musik. Kini, setelah dinyatakan sembuh dari kanker limfoma, ia menjalani prosedur PET scan.

Baca juga: Apa Itu DLBCL, Kanker Langka yang Diidap Ari Lasso?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com