Kanker Payudara Menyebar Lebih Cepat Saat Malam Hari, Studi Jelaskan

Kompas.com - 29/06/2022, 09:31 WIB


KOMPAS.com- Sebuah studi terbaru menemukan bahwa kanker payudara metastasis ternyata lebih cepat dan agresif menyebar saat malam hari.

Dilansir dari Science Alert edisi 26 Juni 2022, hasil studi yang mengejutkan ini telah diterbitkan di jurnal Nature pekan ini.

Temuan ini jelas telah memperbarui asumsi para ahli mengenai kanker payudara metastasis, dan mengubah cara dokter mengumpulkan sampel darah dari penderita kanker di masa depan.

“Dalam pandangan kami, temuan ini mungkin menunjukkan perlunya profesional kesehatan untuk secara sistematis mencatat waktu di mana mereka melakukan biopsi,” kata penulis senior sekaligus seorang profesor onkologi molekuler di ETH Zurich, Nicola Aceto.

“Ini mungkin membantu untuk membuat data benar-benar sebanding,” tambahnya.

Proses studi kanker payudara

Para peneliti pertama kali menemukan hal ini ketika mereka melihat perbedaan yang tidak dapat dijelaskan dalam jumlah sel tumor yang bersirkulasi dalam sampel yang dianalisis pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Baca juga: Pengobatan Kanker Payudara AstraZeneca Diklaim Perpanjang Umur Pasien Lebih dari 6 Bulan

“Beberapa rekan saya bekerja di pagi atau sore hari, terkadang mereka juga menganalisis darah (pasien kanker payudara) pada jam yang tidak biasa,” kata Aceto.

Untuk menyelidiki apa yang terjadi, para peneliti Swiss mempelajari 30 wanita dengan kanker payudara.

Sekitar 21 di antaranya adalah pasien dengan kanker payudara stadium dini yang belum bermetastasis dan 9 pasien dengan metastasis stdaium 4.

Metastasis adalah penyebaran sel kanker dari satu organ atau jaringan tubuh ke organ atau jaringan tubuh yang lainnya.

Dari berbagai subjek yang diamati tersebut, para peneliti menemukan pola yang mencolok dan tidak terduga.

Ternyata, sebagian besar sel tumor yang bersirkulasi yakni sekitar 78,3 persen ditemukan dalam sampel darah yang diambil pada malam hari.

Sementara, untuk sampel pasien kanker payudara lain yang diambil pada siang hari sel tumor yang bersirkulasi jauh lebih rendah daripada malam hari.

Baca juga: Belajar dari Kondisi Robby Purba, Waspadai 4 Gejala Kanker Payudara pada Pria

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.