Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Planet Sejajar 24 Juni Tak Menimbulkan Bayangan, Ini Kata Ahli

Kompas.com - 23/06/2022, 13:30 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fenomena lima planet akan sejajar 24 Juni 2022 esok menjelang terbit fajar. Lantas, apa yang unik dari fenomena ini? 

Fenomena lima planet sejajar 24 Juni atau yang disebut konjungsi sektet ini merupakan fenomena langka yang hanya terjadi setiap 18 tahun sekali, dan tahun ini akan berlangsung hingga 27 Juni mendatang. 

 

Lima planet sejajar dengan Bulan, yang akan menampakkan diri dalam satu garis ini yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan.

Fenomena planet sejajar tidak menimbulkan bayangan

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menegaskan, kecerlangan planet tidak secerah matahari maupun bulan purnama yang dapat menimbulkan bayangan.

Sehingga, saat fenomena planet-planet tersebut berada sejajar atau segaris, kelimanya ini tidak menghasilkan bayangan sebagaimana bulan purnama maupun matahari.

Baca juga: Fenomena Planet Sejajar 24 Juni, Ini Jam dan Cara Menyaksikannya

Saaf fenomena langka 5 planet sejajar Bulan pada 24 Juni nanti, Andi menambahkan, keenam benda langit tersebut akan terlihat jelas memanjang dari timur rendah ke tenggara.

Kendari demikian, fenomena langka tersebut tentu hanya dapat disaksikan jika langit cerah, tidak ada polusi cahaya, dan tidak ada penghalang medan pandang.

“Kalau ketampakan planetnya, selama uaca cerah, langit bersih, tidak ada polusi cahaya dan tidak ada penghalang yang menghalangi medan pandang, planet-planet ini akan tampak jelas memanjang dari timur rendah ke tenggara bahkan dekat zenit,” ujar Andi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/6/2022).

Pengamatan planet sejajar pada 24 Juni 2022 berada di arah timur, yang bisa disaksikan dalam rentang waktu 72 menit sebelum matahari terbit hingga 24 menit sebelum matahari terbit.

“(Fenomena 5 planet sejajar 24 Juni) dapat disaksikannya mulai subuh fajar astronomis, 72 menit sebelum matahari terbit hingga 24 menit sebelum matahari terbit,” papar Andi.

Baca juga: Fenomena Langka 5 Planet Akan Sejajar Besok, Bisakah Terlihat dari Indonesia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com