Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2022, 09:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Aljazeera


KOMPAS.com - Afghanistan diguncang gempa kuat yang menewaskan sedikitnya 1.000 orang dan menghancurkan ribuan rumah. Gempa berkekuatan M 5,9 ini juga dirasakan hingga Pakistan dan Iran.

Seperti diberitakan Aljazeera, Rabu (22/6/2022), lebih dari 1.500 orang mengalami luka-luka. Gempa kuat ini mengguncang wilayah-wilayah terpencil di Afghanistan timur hingga negara tetangga, Pakistan.

Menurut Departemen Kebudayaan dan Informasi Taliban, saat tim penyelamat berusaha mencapai lokasi bencana di provinsi terpencil Paktika dan Khost, korban tewas akibat gempa kuat di Afghanistan ini mencapai 1.000 orang.

Berdasarkan laporan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa kuat ini terjadi pada Rabu dini hari waktu setempat. Lembaga ini merevisi kekuatan gempa yang awalnya diperkirakan bermagnitudo 6,1 menjadi M 5,9.

USGS mengatakan bahwa pusat gempa bumi di Afghanistan ini berada di sekitar 46 km dari kota Khost, dekat perbatasan Pakistan.

"Orang-orang menggali kuburan demi kuburan. Hujan juga turun, dan semua rumah hancur. Orang-orang masih terjebak di bawah reruntuhan," kata Muhammad Amin Huzaifa, kepala Departemen Penerangan dan Kebudayaan di Paktika yang terpukul keras.

Baca juga: BMKG Curigai Gempa Kuat Jawa Timur sejak Akhir Tahun 2020, Kok Bisa?

Jumlah korban tewas akibat gempa bumi di Afghanistan ini diperkirakan akan meningkat, menurut pejabat kementerian dalam negeri Salahuddin Ayubi sebelumnya.

Sebab, beberapa desa berada di daerah terpencil di pegunungan dan membutuhkan waktu untuk dapat merinci data korban gempa tersebut.

Dilaporkan jurnalis Afghanistan Ali M Latifi dari Kabbul, orang-orang sejauh ibu kota Afghanistan, sekitar 200 km merasakan gempa susulan.

“Komite penyelamat internasional mengatakan mereka telah mengerahkan tim medis lokal untuk mencoba dan menanggapi bencana,".

"Masalah terbesar adalah bagaimana mencapai lokasi karena jauh dari ibu kota provinsi, dan kondisi jalannya bisa sulit. Jadi sebenarnya masalahnya adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan mereka untuk sampai ke sana," kata jurnalis Afghanistan itu.

Guncangan gempa Afghanistan hingga Pakistan dan Iran

Gempa kuat guncang Afghanistan berkekuatan M 5,9, guncangan gempa bumi ini juga dilaporkan terasa di dua negara tetangga, Pakistan dan Iran.

Baca juga: Belajar dari Gempa Kuat Mindanao, Wilayah Indonesia Harus Waspada

Halaman:
Sumber Aljazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com