Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fenomena Langit Langka Terjadi pada Juni-Juli, Simak Waktunya!

Kompas.com - 13/06/2022, 12:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Fenomena antariksa langka akan kembali menyambangi langit Indonesia selama bulan Juni hingga Juli mendatang. Akan ada tiga fenomena langka yang dapat disaksikan masyarakat. 

Ketiga peristiwa langit yang dapat disaksikan tersebut, yaitu Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon), Bulan Baru Stroberi Mikro (New Strawberry Supermoon), dan Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon).

“Pada bulan Juni hingga Juli mendatang, masyarakat dapat menyaksikan tiga fenomena antariksa yang cukup langka,” ujar Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang seperti dikutip Kompas.com, pada Senin (13/6/2022).

Penyebab sebenarnya purnama kali ini menjadi istimewa karena bertepatan dengan Bulan purnama Super atau yang secara teknis disebut Purnama Perige (Perigeal Full Moon). Sementara itu, Bulan Baru Stroberi bertepatan dengan Bulan Baru Mikro (New Micromoon) atau Bulan Baru Apoge (Apogeal New Moon).

Ketiga fenomena antariksa langka di Juni dan Juli tersebut bisa diamati tanpa alat bantu optik apa pun, kecuali jika ingin mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video.

Baca juga: Fenomena Langka 9 Tahun Sekali, Bulan Baru Mikro Diapit 2 Kali Supermoon

Berikut detail tiga fenomena langit langka Indonesia pada Juni dan Juli ini. 

1. Fenomena Bulan Purnama Stroberi Super

Purnama Stroberi Super atau Full Strawberry Supermoon adalah bulan purnama super yang terjadi di bulan Juni. Definisi ini juga dipakai untuk fase bulan baru.

“Penamaan ini berasal dari The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika). Pada bulan Juni dilakukan panen stroberi. Jadi penamaan ini sebenarnya berasal dari penanda musim tertentu bagi penduduk asli Amerika,” jelas Andi.

Penyebab utama Bulan Baru Stroberi bertepatan dengan Bulan Baru Mikro (New Micromoon) atau Bulan Baru Apoge (Apogeal New Moon).

Terkait waktu, fenomena Bulan Purnama Stroberi Super akan terjadi pada 14 Juni 2022 pukul 18.51 WIB / 19.51 Wita / 20.51 WIT, pada jarak 357.368 km.

Baca juga: Waspada Dampak Fenomena Langka Bulan Baru Mikro Diapit 2 Supermoon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com