Kompas.com - 23/06/2022, 13:02 WIB

KOMPAS.com - Parade langit langka belasan tahun sekali berupa fenomena planet sejajar akan terjadi pada 24 Juni 2022. Fenomena 5 planet sejajar dengan Bulan ini akan terjadi jelang fajar, Kamis (24/6/2022). 

Akan ada enam benda langit yang berada segaris atau sejajar, yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan.

Dalam dunia astronomis, fenomena planet sejajar ini dikenal sebagai konjungsi sektet.

Tahapan fenomena planet sejajar 24 Juni 2022

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan, enam benda langit yang akan sejajar bisa disaksikan dari arah timur.

Planet Saturnus menjadi yang pertama kali akan muncul mulai hari ini, Kamis (23/6/2022) pukul 21.30 waktu setempat.

“Dilihat dari waktu terbitnya, mula-mula diawali dari Saturnus, sekitar pukul 21.30 waktu setempat, malam ini,” kata Andi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Fenomena Planet Sejajar 24 Juni, Ini Jam dan Cara Menyaksikannya

Dalam tahapan fenomena planet sejajar, setelah planet Saturnus, akan terlihat kemunculan Neptunus sekitar pukul 23.30 waktu setempat, sebelum tengah malam, dan disusul Jupiter, sekitar tengah malam.

"Mars terbit sekitar jam 01.00 dinihari waktu setempat, disusul Uranus sekitar pukul 03.00 dinihari waktu setempat," papar Andi.

Venus akan berjajar sekitar pukul 04.00 waktu setempat, dan yang terbit terakhir adalah Merkurius pukul 04.30 waktu setempat.

Sehingga, fenomena langka sejajarnya enam benda langit pada 24 Juni 2022 dapat disaksikan dalam periode 72 menit sebelum matahari terbit hingga 24 menit sebelum matahari terbit.

Andi menambahkan, jika menggunakan zona waktu masing-masing, kemungkinan setiap tempat memiliki waktu terbit matahari yang lebih cepat atau lambat dikarenakan bujur geografis dan lintang geografisnya yang berbeda-beda.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai hal ini, seperti apa fenomena 5 planet sejajar dengan Bulan pada 24 Juni besok, masyarakat dapat mengeceknya melalui https://www.timeanddate.com/astronomy/night/.

Baca juga: Fenomena Langka 5 Planet Akan Sejajar Besok, Bisakah Terlihat dari Indonesia?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.