Tak Takut Manusia, Studi Temukan Hiu Makin Dekati Pantai

Kompas.com - 18/06/2022, 18:00 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Garis pantai dunia mengalami urbanisasi dengan cepat. Tapi bagaimana peningkatan kehadiran manusia ini berdampak pada spesies yang hidup di lautan tak sepenuhnya dipahami.

Kini, para peneliti dalam studi barunya berusaha mengetahui efek peningkatan manusia dengan melacak pergerakan tiga spesies hiu, yakni banteng, perawat, dan martil, yang dikaitkan dengan kota Miami.

Para peneliti awalnya berpikir bahwa hiu akan menghindari daerah yang dekat dengan kota, mengingat polusi kimia, cahaya, dan suara yang berasal dari kota metropolitan pesisir.

Namun, hasilnya ternyata cukup mengejutkan karena bukan itu yang para peneliti temukan.

Baca juga: Di Mana Hiu Megalodon Hidup?

Dilansir dari Phys.org, Jumat (17/6/2022); beberapa hewan seperti merpati dan rakun tumbuh subur di kota. Spesies ini dikenal sebagai pengeksploitasi perkotaan dan sering kali menjadi tergantung pada sampah manusia sebagai sumber makanan.

Sementara hewan lain yang dikenal sebagai adaptor perkotaan, mungkin menunjukkan beberapa penggunaan daerah perkotaan tetapi sebagian besar masih tergantung pada daerah alami.

Di sisi lain, beberapa spesies seperti predator darat, semisal serigala, sangat sensitif terhadap gangguan manusia. Para penghindar perkotaan ini menghindari kota-kota besar.

"Beberapa penelitian telah menyelidiki pergerakan predator laut dalam kaitannya dengan urbanisasi, tetapi karena penelitian lain menunjukkan bahwa predator darat adalah penghindar perkotaan maka kami memperkirakan hiu juga akan seperti itu," kata Neil Hammerschlag, direktur Program Penelitian dan Konservasi Universitas Miami dan penulis utama studi.