Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2022, 20:00 WIB
The Conversation,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Mengapa mata kucing bersinar dalam gelap? - Chloe, Umur 10, Barkhamsted, Connecticut, Amerika Serikat

Oleh: Braidee Foote

KUCING dan banyak hewan lainnya, termasuk sebagian besar anjing, dapat memantulkan cahaya dari matanya. Itu sebabnya mata kucing biasanya akan bersinar terang pada foto yang diambil di ruangan yang remang-remang atau bercahaya saat disinari dalam gelap oleh senter atau lampu depan mobil.

Spesies yang matanya bersinar telah berevolusi untuk melihat lebih baik dalam cahaya rendah karena mereka mencari makan atau perlu mencari pemangsa sepanjang malam, atau mereka melakukan sebagian besar perburuan mereka di waktu fajar dan senja.

Faktanya, kucing peliharaan dapat melihat dalam kondisi yang hanya 16% lebih terang seperti yang dibutuhkan mata manusia.

Kucing bisa melakukan ini karena pupil mereka – yang berbentuk hitam di tengah mata mereka yang bisa melebar dan menyempit sebagai respons terhadap kondisi cahaya – merupakan sesuatu yang istimewa.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Memijat? Berikut Penjelasannya

Pupil beroperasi seperti jendela, dengan yang lebih besar membiarkan lebih banyak cahaya masuk ke mata. Dan pupil kucing bisa menjadi hingga 50% lebih besar daripada pupil manusia dalam cahaya redup.

Mereka juga memiliki jumlah sel yang lebih banyak di belakang mata mereka daripada kita. Sel-sel ini, disebut batang, yang fungsinya menangkap cahaya tingkat rendah.

The Open University, CC BY-SA Manusia tidak memiliki tapetum lucidum tetapi kucing, termasuk lynx dan puma, memilikinya.

Lapisan tisu

Selain memiliki pupil besar dan banyak batang, kucing memiliki sesuatu yang tidak dimiliki manusia yakni : tapetum lucidum, yang merupakan istilah medis Latin yang diterjemahkan menjadi “permadani cerah atau bersinar. Tapetum lucidum juga dikenal sebagai ”eyeshine.“

Itu terletak di bagian belakang mata di belakang retina – yang merupakan lapisan tipis jaringan yang menerima cahaya. Mereka mengubah cahaya menjadi sinyal listrik dan mengirimkan sinyal ini ke otak untuk menafsirkan gambar.

Tapetum lucidum kucing terdiri dari sel-sel dengan kristal yang terlihat seperti cermin yang memantulkan cahaya kembali ke retina. Ini memberi retina kesempatan kedua untuk menyerap lebih banyak cahaya.

Tapetum lucidum kucing sangat istimewa karena senyawa reflektifnya adalah riboflavin,yang merupakan sejenis vitamin B. Riboflavin memiliki sifat unik yang menguatkan cahaya untuk panjang gelombang tertentu yang dapat dilihat dengan baik oleh kucing. Kandungan tersebut dapat meningkatkan sensitivitas retina terhadap cahaya rendah.

Pada kucing, tapetum paling sering bewarna kuning-hijau atau kuning-oranye, tetapi warnanya bervariasi, seperti iris mereka – bagian mata yang berwarna-warni, yang bisa berwarna hijau, kuning, biru, atau emas. Variasi warna tapetum yang bervariasi tidak hanya ditemukan pada kucing tapi juga banyak spesies lainnya.

Baca juga: Kenapa Kucing Sangat Menyukai Kardus?

Mata hewan lain juga bersinar

Banyak hewan lain yang perlu melihat di malam hari juga memiliki tapetum lucidum. Baik hewan predator dan mangsanya. Mulai dari rubah liar hingga hewan yang dibudidayakan seperti domba dan kambing

Tapetum lucidum juga berguna untuk ikan, lumba-lumba dan hewan air lainnya, karena membantu mereka untuk melihat lebih baik di air yang keruh dan gelap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com