Kompas.com - 29/04/2022, 04:02 WIB


KOMPAS.com - Puasa Ramadhan dijalankan dengan waktu yang cukup panjang, yakni tidak makan dan minum selama sehari penuh. Untuk dapat memulihkan energi, makan buah, baik saat sahur maupun berbuka, ternyata memberi manfaat yang besar bagi tubuh.

Umat muslim akan menjalankan puasa dengan tidak makan dan minum dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam.

Selama itu, maka tubuh akan mudah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh karenanya, sangat penting memperhatikan asupan makanan dan minuman yang cukup, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Salah satu yang disarankan ahli gizi, seperti dilansir dari Times of India, Jumat (29/4/2022), makan buah dinilai dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh selama seharian penuh berpuasa.

Ahli diet Rachana Bhagwat, mengatakan bahwa makan buah setelah berpuasa dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat Buah Pisang untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Manfaat makan buah, baik saat sahur maupun buka puasa, akan membantu tubuh kembali merasa segar dan berenergi untuk dapat menjalankan puasa di hari berikutnya.

Buah-buahan yang dapat dikonsumsi selama menjalankan puasa seperti pepaya, semangka, plum, pir, dan berbagai jenis buah lainnya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Bhagwat menjelaskan, telah diamati pada orang yang berpuasa sehari penuh, yang kemudian berbuka puasa dengan makanan berkalori tinggi seperti gorengan.

Pengamatan tersebut menunjukkan bahwa sel-sel tubuh juga kelaparan, sehingga jika makanan berminyak dikonsumsi segera setelah puasa, maka sel-sel ini akan menyerap semua minyak dalam makanan seperti gorengan.

Sebab, kebanyakan makanan yang digoreng banyak mengandung lemak trans yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi profil lipid tubuh.

Oleh karenanya, makan buah saat sahur dan buka puasa akan memberikan manfaat sehat untuk tubuh, yakni membantu memulihkan energi agar siap menjalankan puasa Ramadhan esok harinya.

Baca juga: Manfaat Buah Tin, Buah Istimewa yang Disebut dalam Al Quran

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.