Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Tips Memilih Telur yang Baik dan Cara Menyimpannya

Kompas.com - 26/04/2022, 19:03 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telur menjadi salah satu jenis bahan pangan yang sangat mudah ditemukan dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Pangan dari hewan ini memiliki kandungan vitamin dan kaya protein.

Proses pengolahannya yang mudah membuat masyarakat menggemarinya. Tapi, tahukah Anda ada cara memilih telur ayam yang berkualitas?

Ini penting, untuk memperoleh manfaat kesehatan dan terhindar dari risiko mendapatkan telur busuk atau rusak yang tidak bisa dikonsumsi.

Baca juga: 3 Alasan Telur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), berikut tips memilih telur ayam berkualitas:

1. Pilih telur yang cangkang atau kulitnya tebal dan dalam kondisi bersih untuk melihat kesegaran telur.

Telur dengan kualitas baik biasanya terlihat cerah, berwarna cokelat tua, tidak berbintik, dan ketika diraba terasa halus. Hal-hal tersebut menandakan telur masih baru dan segar.

2. Guncang telur secara perlahan. Jika telur yang diguncang itu tidak mengeluarkan bunyi, maka telur tersebut masih baru, tapi saat telur diguncang terdengar atau terasa seperti suara kocak, maka jangan memilihnya sebab kemungkinan sudah rusak.

3. Cium bau telur. Meskipun tertutup cangkang dan telur telah rusak, baunya dapat tercium. Berbeda dengan telur baru yang tidak mengeluarkan bau ketika didekatkan ke hidung.

Sementara itu, untuk mengetahui sudah berapa lama telur tersebut disimpan, maka dapat meletakkan telur dalam wadah yang sudah berisi air.

Apabila telur yang dimasukkan ke air posisinya agak berdiri, berarti kemungkinan telur sudah disimpan 3-5 hari. Jika telur posisinya berdiri, artinya sudah disimpan lebih dari 5 hari.

Sedangkan, telur yang saat dimasukan ke dalam air melayang atau mengapung, sebaiknya jangan dipilih karena itu adalah pertanda telur sudah rusak.

Baca juga: Kaya Protein, Ini Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com