Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Minuman yang Dihindari Saat Sahur | Status Gunung Anak Krakatau Naik | Manfaat Belimbing | Buah Paling Tidak Sehat

Kompas.com - 26/04/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Kendati selama puasa dianjurkan untuk minum air yang cukup, namun ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa. Informasi ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Senin (25/4/2022).

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, dan setiap pengurangan asupan cairan dapat memengaruhi sel-sel tubuh, serta mengganggu fungsi saraf.

Selain itu, tidak minum cukup air dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat berakibat pada efek samping seperti sembelit, sakit kepala, kelelahan dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, disarankan untuk minum cukup air, dan sebaiknya menghindari beberapa jenis minuman saat sahur dan berbuka puasa.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis status aktivitas Gunung Anak Krakatau yang naik ke level 3 siaga, serta mengungkapkan potensi bahaya dari aktivitas gunung api tersebut.

Berita populer Sains lainnya, yakni tentang manfaat buah belimbing untuk kesehatan yang ternyata tak banyak diketahui orang.

Buah yang memiliki lima segmen berbentuk bintang ini, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah belimbing juga jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia, sebab merupakan buah asli Asia Tenggara.

Masih tentang buah, artikel tentang jenis buah paling tidak sehat, juga menjadi ulasan populer Sains sepanjang Senin hingga Selasa (26/4/2022) pagi ini.

Beberapa rangkuman berita-berita populer Sains ini, selengkapnya dapat disimak berikut ini.

Minuman dihindari saat sahur dan buka puasa

Minum banyak air putih sangatlah disarankan saat sahur dan berbuka puasa, untuk mencegah dehidrasi selama menjalankan puasa sehari penuh.

Namun, ada beberapa minuman yang sebaiknya dihindari, baik ketika dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa.

Minuman dihindari saat sahur dan berbuka puasa, di antaranya, minuman berkafein, seperti teh dan kopi. Sebab, kedua jenis minuman ini dapat menyebabkan hilangnya air dalam tubuh, yang akan meningkatkan rasa haus.

Hindari minuman mengandung soda, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda dapat menyebabkan masalah pencernaan dan menurunkan kualitas pencernaan. Disarankan untuk minum air putih yang banyak, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com