Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menjaga Imunitas Tubuh Menjelang Mudik Lebaran Menurut Dokter

Kompas.com - Diperbarui 09/04/2023, 09:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mudik adalah salah satu "tradisi" yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri. Beberapa tahun lalu, pemerintah Indonesia sempat melarang hal ini karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Kenapa Harus Vaksin Booster Dulu Sebelum Mudik? Kemenkes Jelaskan Alasannya

Selain itu, banyak masyarakat yang selama pandemi Covid-19 juga menunda mudik dan menunggu hingga kondisi lebih aman.

Tahun ini, pasca pandemi, menurut survei dari Kementerian Perhubungan diperkirakan 123,8 juta orang akan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Namun, seperti kita ketahui, vaksin booster saat ini masih menjadi syarat perjalanan. Meski, pada beberapa hari yang lalu ad wacana tentang penghapusan syarat ini.

Jika syarat vaksinasi dihapuskan, kita tentu wajib untuk menjaga imunitas lebih baik lagi agar tidak terinfeksi penyakit saat perjalanan ke kampung halaman.

Dokter Spesialis Gizi Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) - Bintaro Jaya, dr Louise Kartika Indah, M. gizi, Sp.GK mengingatkan agar masyarakat tetap harus menjaga imunitas tubuhnya dengan baik.

Dokter Tika sapaan akrab dr Louise Kartika Indah mengatakan, untuk masyarakat yang akan atau memiliki rencana melakukan perjalanan mudik di tengah puasa di bulan Ramadhan ini, sebaiknya menyiapkan diri dari sekarang.

Persiapan diri dari jauh-jauh hari perjalanan mudik, akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh saat di perjalanan, sehingga bisa tetap sehat dan fit.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap fit saat mudik lebaran.

Baca juga: Jangan Abaikan, Kenali Tanda Mengantuk Saat Menyetir Mobil di Perjalanan Mudik

1. Atur pola makan

Salah satu hal yang paling harus dipersiapkan mulai saat ini, yaitu mengatur pola makan saat berbuka dan sahur.

"Jadi dari sekarang, kita harus tetap jaga kesehatan kita nih. Jangan pas mau mudik baru mau dibenerin pola makannya," kata Tika dalam talkshow virtual Halo Prof! Spesial Ramadhan dari Kompas.com bertajuk "Siap Mudik, Yuk Jaga Imunitas Tubuh Tetap Fit", Selasa (12/4/2022).

"Kita mesti jaga ya, kondisi tubuh kita dengan asupan yang baik ya," tambahnya.

dr Tika menyarankan untuk dapat mengatur pola makan dengan asupan gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh masing-masing.

Jika Anda tidak tahu seberapa besar kebutuhan asupan berbagai nutrisi tubuh Anda, maka bisa coba dengan rekomendasi Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan.

"Jadi puasanya ini harus dilakukan dengan benar, yaitu mengatur aturan makan dengan prinsip gizi seimbang yaitu supaya tubuh kita mendapatkan nutrisi yang benar dan baik ya, yang sesuai dengan kebutuhan dan mengandung semua zat gizi yang kita perlukan," kata dia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com