Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puasa Bisa Bantu Meningkatkan Imunitas Tubuh, asalkan...

Kompas.com - 14/04/2022, 04:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berpuasa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, termasuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh manusia.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) - Bintaro Jaya, dr Louise Kartika Indah, M. gizi, Sp.GK dalam talkshow virtual Halo Prof! Spesial Ramadhan dari Kompas.com bertajuk "Siap Mudik, Yuk Jaga Imunitas Tubuh Tetap Fit", Selasa (12/4/2022).

Dijelaskan dr Tika, berpuasa telah dibuktikan secara sains bahwa dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Baca juga: Puasa Bikin Awet Muda, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

Di antara manfaat berpuasa adalah sebagai antiinflamasi atau peradangan, menurunkan kadar insulin, menurunkan tekanan darah, menurunkan lemak tubuh atau berat badan, menurunkan resting heart rate (denyut jantung saat beristirahat), dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, berpuasa juga sangat baik untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh kita, yang sangat berguna untuk dapat melawan berbagai penyakit yang berusaha menyerang tubuh.

Namun perlu dicatat, bahwa untuk mendapatkan manfaat puasa dalam meningkatkan imunitas tidak bisa asal berpuasa, dan asal makan saat berbuka maupun sahur.

dr Tika menyarankan, untuk mengatur pola makan dengan asupan gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh masing-masing.

Jika Anda tidak tahu seberapa besar kebutuhan asupan berbagai nutrisi tubuh Anda, maka bisa coba dengan rekomendasi Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan.

"Jadi puasanya ini harus dilakukan dengan benar, yaitu mengatur aturan makan dengan prinsip gizi seimbang yaitu supaya tubuh kita mendapatkan nutrisi yang benar dan baik ya, yang sesuai dengan kebutuhan dan mengandung semua zat gizi yang kita perlukan," kata dia.

Asupan gizi seimbang ini harus memenuhi berbagai nutrisi makronutrien dan mikronutrien, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral, serta cairan supaya imunitas tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Kebutuhan nutrisi saat berpuasa itu tidak berbeda dengan kebutuhan nutrisi pada saat tidak berpuasa, hanya frekuensi makan dan jamnya saja yang berbeda.

"Jadi saat kita berpuasa harus mengikuti prinsip gizi seimbang, yaitu makan karbohidrat yang cukup, protein yang cukup, lemak yang cukup, dan juga vitamin dan mineral," kata dia.

"Juga satu nih yang mesti diingat, kalau kita lagi berpuasa, itu jangan makan dengan porsi berlebihan," tambahnya.

Baca juga: Begini Porsi Makan yang Baik Saat Puasa Menurut Dokter Gizi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com