Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Infeksi Covid-19 Berpengaruh terhadap Gigi?

Kompas.com - 30/03/2022, 10:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Infeksi Covid-19 sebagian besar merupakan penyakit pernapasan. Akan tetapi, banyak orang telah melaporkan gejala lain termasuk yang mempengaruhi mulut dan gigi.

Masih banyak yang harus dipelajari terkait hubungan infeksi virus corona dan berbagai gejala yang berbeda. Namun, beberapa penelitian mengenai hal tersebut mulai muncul.

Melansir Healthline, Selasa (29/3/2022) virus SARS-CoV-2, virus penyebab infeksi Covid-19, masuk ke aliran darah melalui reseptor yang disebut ACE2. Reseptor tersebut menjadi pintu yang memungkinkan virus masuk ke dalam sel.

Perlu digarisbawahi, sel dengan reseptor ACE2 banyak terdapat di mulut, lidah, dan gusi.

Sehingga, orang dengan kesehatan mulut buruk cenderung memiliki lebih banyak reseptor ACE2, yang semakin menghubungkan antara infeksi Covid-19 dan kesehatan mulut.

Sebuah studi meneliti hubungan antara kesehatan gigi, gejala, dan tingkat keparahan infeksi virus corona. Ditemukan adanya hubungan erat antara tingkat keparahan penyakit gigi dan tingkat keparahan infeksi Covid-19.

Sekitar 75 persen dari orang dengan penyakit gigi parah di rawat di rumah sakit karena Covid-19. Tidak satu pun dari mereka yang memiliki tanda-tanda penyakit gigi yang jelas dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Infeksi Covid-19 Tingkatkan Risiko Komplikasi Kehamilan, Studi Jelaskan

Infeksi Covid-19 mempengaruhi gigi, kemungkinan karena orang-orang yang memiliki kesehatan gigi yang lebih buruk cenderung mempunyai kondisi medis kronis lainnya.

Namun, tidak banyak penelitian yang mengaitkan infeksi corona sebagai penyebab kesehatan gigi yang buruk.

Tidak ada laporan signifikan mengenai gejala terkait mulut sebagai bagian dari presentasi penyakit Covid-19 seseorang.

Dalam sebuah tinjauan sistematis, dari 54 penelitian yang menjelaskan gejala Covid-19, sakit gigi atau gejala terkait mulut, tidak termasuk dalam 12 gejala teratas yang dilaporkan.

Gejala paling umum yang dilaporkan antara lain demam (81,2 persen), batuk (58,5 persen), dan kelelahan (38,5 persen). Tapi, tidak berarti seseorang mungkin tidak mengalami gejala atau efek terkait gigi selama atau setelah Covid-19.

Pengobatan sakit gigi karena Covid-19

Jika mengalami sakit gigi selama infeksi Covid-19 atau sesaat setelahnya, mengonsumsi 400 miligram ibuprofen bisa lebih efektif mengatasi sakit dibandingkan asetaminofen.

Baca juga: Infeksi Covid-19 Tingkatkan Risiko Terkena Diabetes, Studi Temukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com