Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Bulu Hidung bagi Manusia

Kompas.com - 08/03/2022, 16:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semua manusia pasti memiliki bulu hidung yang merupakan bagian dari indra penciuman. Ketika bercermin, Anda mungkin juga sudah tidak asing dengan keberadaan bulu hidung, yang kerap muncul di sela-sela lubang hidung.

Bagi kebanyakan orang, bulu hidung yang panjang dianggap mengganggu penampilan, bahkan dapat menurunkan kepercayaan diri mereka. Hal ini disebabkan karena bulu yang tumbuh hingga keluar lubang hidung, dan bisa sangat terlihat.

Namun ternyata, bulu hidung memiliki banyak manfaat bagi manusia, yang berkaitan dengan sistem pernapasan. Lantas, apa saja manfaat bulu hidung?

Untuk menjawab hal tersebut, misteri tubuh manusia kali ini membahas mengenai manfaat bulu hidung untuk manusia.

Baca juga: Mengapa Bernapas Melalui Hidung Lebih Sehat daripada Melalui Mulut?

Seperti dilansir dari Popular Science, Minggu (4/1/2012) bulu hidung berguna untuk menyaring udara kotor yang kita hirup layaknya filter udara di dalam rumah.

Menurut ahli otorinolaringologi di Stanford University, Justin Turner bulu hidung dapat menyaring kotoran, virus, bakteri, dan racun yang masuk ke dalam tubuh.

Bahkan, bulu hidung yang lebih lebat dikatakan dapat bermanfaat bagi kita. Seperti diungkapkan oleh para ilmuwan di Fakultas Kedokteran Hacettepe University di Turki, bahwa seseorang dengan bulu hidung yang sedikit hampir tiga kali lebih mungkin menderita asma dibandingkan dengan mereka yang memiliki hidung dengan banyak bulu hidung.

Akan tetapi, belum ada studi lebih lanjut yang mengamati bagaimana mencabut bulu hidung
dapat meningkatkan risiko asma atau infeksi. Di dalam hidung, terdapat pula helai bulu halus berukuran sangat kecil yang disebut silia.

Silia berfungsi untuk menyaring molekul berdebu yang berisiko membahayakan tenggorokan, dengan cara mengumpulkan lendir saat kita batuk atau menelan. Jika kita menelan lendir tersebut, asam lambung akan menghancurkan sebagian besar bahan berbahaya yang masuk.

Uniknya, bagian dari bulu hidung ini juga berguna bagi para ahli forensik untuk menentukan waktu kematian seseorang.

Baca juga: Struktur Organ Hidung dan Fungsinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com