Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Obesitas Bisa Memicu Berbagai Penyakit, Begini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 08/03/2022, 10:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Obesitas adalah salah satu kondisi yang masih menjadi permasalahan kesehatan di dunia. Pasalnya, obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit tidak menular (PTM) seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga penyakit ginjal.

Seseorang yang mengalami obesitas, memiliki risiko delapan kali lipat lebih tinggi mengalami diabetes melitus. Obesitas juga berkaitan dengan peningkatan risiko hipertensi hingga lima kali lipat, dan risiko penyakit jantung hingga dua kali lipat.

Kondisi tersebut tentunya perlu diwaspadai, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan tidak seimbang, serta gaya hidup yang tidak sehat.

Dalam webinar #BeatObesity Community Festival 2022 – Anak Muda Lawan Obesitas, Koordinator Substansi P2 Penyakit Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik (P2DMGM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Esti Widiastuti, M.ScPH, memaparkan bahwa selain menjadi faktor risiko terjadinya PTM, obesitas merupakan faktor penyebab kematian tertinggi ke-5.

"Jadi kontribusinya (obesitas) di Disability adjusted life year tahun 2017, di mana seseorang banyak memiliki banyak penyakit sebesar 7,67 persen," ungkap Esti, Senin (7/3/2022).

Prevalensi atau angka kejadian obesitas di seluruh dunia, termasuk obesitas di Indonesia pun terus meningkat.

Baca juga: 7 Penyakit yang Disebabkan oleh Obesitas, Harus Diwaspadai

 

Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes, prevalensi obesitas di Indonesia pada orang berusia di atas 18 tahun meningkat dari yang sebelumnya 11,7 persen pada tahun 2010 menjadi 21,8 persen di 2018.

Dokter Esti juga menyinggung soal penyebab obesitas yang bisa disebabkan karena berbagai hal, termasuk:

  • Faktor genetik
  • Lingkungan
  • Perilaku sehari-hari
  • Faktor hormonal

Cara mencegah obesitas

Menurut Esti, konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih, serta kurangnya aktivitas fisik pun berpotensi meningkatkan risiko obesitas.

Oleh karena itu, cara mencegah obesitas, Kemenkes telah menetapkan anjuran batasan konsumsi tiga jenis asupan tersebut dalam satu hari.

Adapun anjuran konsumsi gula seseorang per hari sebanyak 4 sendok makan per hari. Sementara, anjuran konsumsi garam ialah 1 sendok teh per hari. Selanjutnya, untuk anjuran konsumsi lemak sebanyak 5 sendok makan per harinya.

Artinya, dengan mengurangi asupan gula, garam, dan lemak sesuai batasan tersebut dapat membantu Anda mencegah obesitas.

Baca juga: Obesitas Bisa Jadi Pemicu Penyakit, Ketahui Penyebab dan Cara Mengukurnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com