Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Dolina, Uvala, dan Polje sebagai Bagian dari Kawasan Karst

Kompas.com - 14/02/2022, 07:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah kamu apa itu uvala? Uvala merupakan bagian dari karst dan menunjukkan cekungan-cekungan di permukaan Bumi.

Kawasan alam karst

Menurut Kepmen ESDM Nomor 17 tahun 2012 tentang Penetapan Kawasan Bentang Alam Karst, karst adalah bentang alam yang terbentuk karena pelarutan air pada batu gamping dan dolomit. Karst berasal dari bahasa Jerman yang berarti lahan gersang berbatu.

Karst hanya terjadi di daerah batu gamping. Batu gamping adalah batuan endapan yang terbentuk di dasar lautan dan tersusun dari cangkang binatang laut. Endapan ini naik ke permukaan membentuk dataran atau pegunungan batu gamping dalam waktu yang lama.

Karst merupakan kawasan dengan morfologi yang unik. Morfologi ini terbentuk dari pelarutan oleh air, serta perpaduan dinamis antara energi, air, dan gas sehingga menghasilkan berbagai bentuk rongga dalam berbagai ukuran.

Jenis-jenis karst

Secara umum, karst terbagi menjadi dua jenis, yaitu endokarst dan eksokarst. Endokarst terdiri dari sungai bawah tanah dan speleotem. Sedangkan eksokarst meliputi bukit karst, dolina, uvala, polje, dan telaga.

Eksokarst

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai masing-masing jenis eksokarst.

  1. Dolina: depresi tertutup hasil pelarutan yang memiliki diameter mulai dari beberapa meter hingga beberapa kilometer. Dolina bisa memiliki kedalaman hingga ratusan meter.
  2. Uvala: uvala adalah gabungan dari dua atau lebih dolina, oleh karena itu uvala juga dikenal dengan sebutan compound doline. Hal ini menyebabkan ukuran uvala sangat besar.
  3. Polje: polje adalah kawasan yang lebih besar lagi. Polje adalah cekungan atau lembah tertutup yang merupakan gabungan dari dua atau lebih uvala. Kawasan ini ditandai dengan dasar mendatar dengan dinding sekelilingnya terjal.
  4. Menara karst: ini merupakan bukit sisa pelarutan yang membentuk menara. Bentuknya tegak atau menggantung dan dikelilingi dataran aluvial.

Baca juga: Apa Itu Batu Andesit yang Jadi Konflik Warga di Desa Wadas?

Endokarst

Berikut adalah penjelasan jenis-jenis endokarst.

  1. Gua: ruang bawah tanah yang cukup besar dan bisa dilalui oleh manusia.
  2. Speleotem: hiasan yang terdapat di dalam gua dan terbentuk dari endapan kalsium karbonat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com